Beijing: AS Keliru Naikkan Tarif Impor Mobil Listrik China 100 Persen

BEIJING, Republik Rakyat Tiongkok – Juru Bicara Kementerian Luar Negeri Tiongkok Wang Wenbin mengatakan adalah tindakan yang salah jika Amerika Serikat menaikkan tarif kendaraan listrik yang diimpor dari Tiongkok hingga 100%. Impor kendaraan listrik Tiongkok dipandang mengancam pekerjaan dan bisnis AS.

“Terus mempolitisasi masalah perdagangan dan terus menaikkan tarif terhadap produk Tiongkok adalah kesalahan lain yang dilakukan Amerika Serikat,” kata Wang Wenbin dalam konferensi pers rutin di Beijing, Rabu (15 Mei 2024).

Gedung Putih mengumumkan pada Selasa (14 Mei 2024) bahwa Presiden Joe Biden akan mengenakan tarif terhadap barang-barang dari Tiongkok senilai $18 miliar (sekitar Rs 2,869 miliar) berdasarkan Pasal 301 Undang-Undang Perdagangan tahun 1974 untuk melindungi pekerja memutuskan untuk menaikkan. dan bisnis Amerika.

Berdasarkan Pasal 301, pajak kendaraan listrik akan dinaikkan dari 25% menjadi 100% pada tahun 2024. Subsidi yang besar dan praktik non-pasar menimbulkan risiko kelebihan kapasitas yang sangat besar, karena ekspor kendaraan listrik Tiongkok mencapai 70%. Dianggap sebagai investasi manufaktur yang berisiko di negara lain, tarif 100% dari tahun 2022 hingga 2023 diharapkan dapat melindungi produsen AS dari praktik perdagangan tidak adil yang dilakukan Tiongkok.

“Tarif akan semakin merugikan bisnis dan konsumen AS, dan konsumen AS harus membayar lebih,” kata Wang Wenbin.

Wang Wenbin, mengutip konsultan keuangan Moody’s, mengatakan 92% biaya kenaikan pajak ditanggung oleh konsumen AS, dan rata-rata pengeluaran rumah tangga AS meningkat sebesar $1.300 per tahun.

Wang Wenbin lebih lanjut menambahkan, “Langkah-langkah proteksionisme AS akan semakin melemahkan keamanan dan stabilitas rantai industri dan pasokan dunia. Kami mencatat bahwa ini adalah ide yang buruk,” tambahnya.

Wang Wenbin bertanya…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *