Ini Profil Singkat Wasit yang Picu Kontroversi pada Laga Indonesia U-23 Vs Uzbekistan U-23

REPUBLIKA.CO. 4/2024). Pada laga ini, Uzbekistan membuktikan dominasinya atas Garuda Muda. Namun, banyak keputusan kontroversial wasit yang membuat kesal Marcelino Ferdinand dan lainnya.

Wasit yang memimpin pertandingan, Shen Yinhao, setidaknya mengambil tiga keputusan yang membahayakan Indonesia, seperti menganulir gol bebas Indonesia karena melakukan pelanggaran terhadap Witan, menganulir gol Muhammad Ferrari, dan terakhir memberi kartu merah pada Rizki Ridho. .

Seluruh keputusan diambil berdasarkan hasil evaluasi VAR Shivkorn Pu Udom. Wasit Thailand sudah dua kali berperan sebagai wasit VAR pada Piala Asia AFC U-23 2024 di Indonesia, ia merupakan wasit VAR pada pertandingan Qatar kontra Indonesia. Di saat yang sama, Sivkorn meminta wasit Nasrullo Kabirov memberi Ivar Jenner kartu kuning kedua.

Nama dua wasit yang disebutkan di atas sempat menjadi perbincangan masyarakat Indonesia karena keputusan mereka yang menjadi ancaman bagi timnas U-23 Indonesia. Berikut uraian singkat kedua wasit tersebut.

Sivakorn Pu-Udom 

Sivakorn lahir pada tanggal 26 November 1987 di Samut Sakhon, Thailand. Dia memulai karir wasitnya pada tahun 2012 dan menjadi Wasit Elit FIFA setahun kemudian. Ia kemudian melakukan debut di Liga Super China pada musim 2013.

Sivakorn mempunyai jam terbang yang banyak dalam karirnya sebagai wasit. Dia telah menjadi wasit Kualifikasi Piala Dunia, Kejuaraan Asia, Piala AFC dan Piala Asia senior dan kelompok umur. 

FIFA memilihnya sebagai salah satu wasit resmi pertandingan Kejuaraan OFC U-23 2019, wasit VAR Piala Dunia U-20 FIFA 2023. Selain itu, Sivakorn juga mengelola Kejuaraan AFC U-19 2018 dan Piala Asia AFC 2023.

Shen Yinhao 

Shen Yinhao lahir pada tanggal 6 November 1986 di Shanghai. Karirnya sebagai wasit dimulai pada tahun 2013. Namun, ia baru mendapatkan lisensi FIFA pada tahun 2018 dan mulai bermain pertandingan internasional. 

Selama 11 tahun menjadi seorang wanita, Shin mengelola 141 pertandingan di kompetisi domestik dan internasional seperti Piala AFC, SEA Games, Asian Games, kualifikasi Piala Dunia, dan pertandingan persahabatan internasional.

Pada Piala Asia U-23 2024, Shane menjadi kapten beberapa pertandingan antara lain Palestina vs Bangladesh, Thailand vs Arab Saudi, dan Indonesia vs Uzbekistan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *