Makanan Terbaik untuk Kesehatan Otak, Enak dan Mudah Didapat

iaminkuwait.com, JAKARTA – Penelitian menunjukkan bahwa orang yang mengonsumsi makanan seimbang memiliki fungsi kognitif dan kesehatan mental yang lebih baik. Studi terhadap lebih dari 180.000 peserta dipublikasikan di jurnal ilmiah Nature.

Lalu makanan apa saja yang baik untuk kesehatan otak? Ahli diet kesehatan otak Kirsten Brooks membagikan tujuh makanan yang dapat menunjang kesehatan otak. Melansir inews.co.uk Selasa (14/5/2024):

1. Biji-bijian utuh

Makanan rendah serat, karbohidrat, gula dan pemanis buatan serta tinggi zat aditif Dapat menyebabkan ensefalitis jangka panjang. Untuk mencegahnya, disarankan untuk mengonsumsi biji-bijian seperti beras merah, oat, dan gandum utuh.

2. Sayuran berdaun hijau

Mengonsumsi sayuran berdaun hijau yang tinggi serat merupakan cara terbaik untuk meningkatkan kesehatan otak. Para ahli merekomendasikan makan 30 gram sayuran berdaun hijau sehari, termasuk brokoli, kubis, kangkung dan lain-lain.

3. Minyak ikan

Otak terdiri dari sekitar 60% lemak, jadi penting untuk menyediakan nutrisi yang mengisi kembali jaringan lemak. Mengonsumsi satu hingga dua porsi minyak ikan per minggu penting untuk asupan lemak esensial, termasuk omega 3 dan omega 6.

4. Produk susu

Nutrisi penting lainnya untuk fungsi saraf dan otak yang baik adalah vitamin B12 yang diperoleh dari berbagai produk susu. Vitamin ini juga dapat ditemukan pada produk hewani seperti daging, ikan, telur, dan keju. Vitamin B12 tidak tersedia dalam makanan nabati.

5. Telur dan jeroan

Telur, jeroan dan ikan merupakan sumber fosfolipid terkaya. Ini adalah sekelompok lipid, atau lipid, yang penting untuk kesehatan membran sel otak dan neurotransmiter. Membeli zat ini terutama kolin dapat mengurangi penyakit yang berhubungan dengan otak dan kehilangan ingatan. Tapi Anda tidak boleh makan terlalu banyak daging organ, bukan?

6. Kacang

Magnesium adalah mineral yang diperlukan untuk berfungsinya tubuh. Ini mencakup lebih dari 300 proses. Nutrisi ini bisa didapat dari kacang-kacangan seperti almond dan lainnya. Perlu diingat bahwa kebutuhan magnesium lebih besar pada orang yang stres.

7.Buah berwarna-warni

Mengonsumsi polifenol yang terdapat pada buah-buahan berwarna dapat membantu melindungi dari radikal bebas. Variasi itu penting karena variasi makanan nabati memberikan manfaat tambahan bagi kesehatan usus.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *