Satria Muda Rebut Gim Pertama Final Four IBL 2024, Bekuk Dewa United 89-75

iaminkuwait.com, JAKARTA — Satria Muda Pertamina Jakarta berhasil memenangi laga pertama perempat final IBL 2024 tahun 2024, tim asuhan Youbel Sondakh menang dengan skor 89-75 di Britama. Arena Kelapa Gading Jakarta, Kamis (25/7/2024) malam. 

Berkat kemenangan tersebut, Arki Dikania Wisnu hanya tinggal satu kemenangan lagi untuk mencapai final dengan tiga tipe terbaik yang digunakan di turnamen IBL. Laga kedua akan dihelat pada Sabtu (27/7/2024) di kandang Dewa United, Tangerang. Jika perlu, pertandingan ketiga akan dimainkan keesokan harinya di tempat yang sama.

Dengan kehadiran Satria Muda di kandang sendiri, pelatih Dewa United Pablo Favarel musim ini memainkan lima pemain pertama Hardianus Lakudu, Gelvis Andres Solano Paulino, Jordan Adams, Lester Prosper, dan Kaleb Ramot Gemilang. Solano yang kerap diunggulkan Hardianus saat keluar lapangan, kali ini bermain bersama sejak awal pertandingan.

Kali ini Youbel memperkenalkan lima artis yang belum pernah berubah sebelumnya, Juan Laurent Kokodiputra, Sandy Ibrahim Aziz, Reynaldo Garcia Zamora, Artem Pustovyi, dan ketua tim Arki Dikania Wisnu.

Satria Muda membuka laga dengan tembakan bebas dan tripoin Zamora 4-0. Jordan Adams unggul 2-4. Enam menit kemudian, Satria Muda sudah unggul 11-7, seluruh poin dicetak oleh Zamora. Skor 13-13 hampir sepanjang waktu, namun babak pertama berakhir 18-14 untuk keunggulan Dewa United.

Dewa United memimpin 22-14, termasuk tembakan tiga angka Jordan Adams di awal kuarter kedua. Namun Abraham Damar Grahita memperkecil kedudukan menjadi 17-22 melalui triple-nya. Tim tamu memimpin dua poin 29-19 pada pertengahan kuarter. SM akan melaju 12-0 untuk memimpin 31-29, karena Favarel punya peluang.

Itu merupakan keputusan yang tepat bagi Dewa United, setelah beberapa waktu berhasil mengubah keadaan 33-32. Youbel menerima panggilan tersebut dalam waktu singkat dan sukses bagi SM yang unggul 41-33. Babak pertama berakhir dengan keunggulan tim tuan rumah 43-36.

Artem membalas serangannya dan mendapat peluang kedua di awal kuarter ketiga 45-36. Hardianus menjawab dengan tiga poin 39-45. Layup demi layup yang dilakukan Arki membuat Satria Muda unggul dua digit 51-41 di tiga menit pertama kuarter ketiga.

Dewa United tak mau melangkah jauh untuk menyamakan kedudukan menjadi 48-51. Satria Muda menutup kuarter ini dengan skor 66-60.

Lemparan bebas Jordan Adams membuka kuarter keempat 62-66. Setelah Elgin Cook terkena pelanggaran, dua lemparan bebas Kaleb memperkecil ketertinggalan menjadi 64-66. Namun, Abraham menyelamatkan skor melalui tembakan tiga angka, 69-64. Lima menit pertandingan tersisa, Satria Muda memimpin dua angka 77-66. Meski Arki melakukan pelanggaran menjelang pertandingan berakhir, Satria Muda tak pernah kehilangan keunggulan hingga akhir pertandingan dengan kemenangan 89-75.

Empat pemain Satria Muda mencetak double digit. Reynaldo Garcia Zamora memimpin dengan 26 poin, 12 di antaranya berasal dari garis lemparan bebas. Abraham menambah 22 poin, termasuk tiga. Arki Wisnu mencetak 16 poin melalui tembakan kuat ke keranjang dan tembakan tiga angka. Musim ini, Artem mencetak 14 poin dan 11 rebound.

Di kubu Dewa United, Solano yang menjadi top skorer pertandingan hanya menyumbang 5 poin, 5 assist, dan 5 rebound. Youbel mengatakan kepada Republika sebelum pertandingan, mengatakan strategi timnya adalah membatasi Solano untuk mencetak gol atau menciptakan assist yang kuat untuk rekan satu timnya.

Jordan Adams memimpin dengan 29 poin dan 11 rebound, Kaleb Ramot menyumbang 15 poin, dan Lester Prosper menyumbang 14 poin. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *