Dukung Atlet Berprestasi PON 2024, UMJ Jalin Kerja Sama Dengan KONI DKI Jakarta

iaminkuwait.com, JAKARTA — Universitas Muhammadiyah Jakarta (UMJ) berkolaborasi dengan Komite Olahraga Nasional Indonesia (KONI) DKI Jakarta pada Senin (19/08/2024) untuk mendukung atlet-atlet terbaiknya. Kerjasama tersebut disepakati sesaat sebelum pembukaan dan pelepasan Atlet Kontinental DKI Jakarta pada PON XXI 2024 Aceh-Sumut di Jakarta International Velodrome.

UMJ dan 20 perguruan tinggi negeri dan swasta di wilayah DKI Jakarta sepakat bekerja sama untuk mendukung atlet Kontinental DKI Jakarta yang berprestasi di PON XXI 2024.

Ketua Dewan Pertimbangan KONI DKI Jakarta Prastew Idi Marsudi yang juga Ketua DPRD DKI Jakarta menjelaskan kerja sama tersebut perlu digalakkan. “Alhamdulillah KONI sudah maju seperti ini. Para atlet juga akan bangga. Kerja sama ini harus terus dilanjutkan,” ujarnya, Senin (19/8/2024).

Prastew mengatakan, para atlet membutuhkan dukungan agar bisa fokus berlatih dan menempuh pendidikan. Senada, General Manager Kony DKI Jakarta, Hidayat Hamid menilai atlet mempunyai jasa yang luar biasa sehingga perlu dukungan penuh.

Harapannya, para atlet bisa mendapatkan fasilitas di universitas, termasuk beasiswa, khususnya bagi atlet-atlet terbaik, ujarnya.

Menurut dia, hal serupa juga terjadi karena bendera Merah Putih berkibar di luar negeri, salah satunya adalah perebutan medali emas oleh para atlet di kompetisi olahraga internasional. Rasanya membingungkan ketika atlet harus memilih antara kesuksesan dan pendidikan.

“Itu bukan pilihan yang mudah. ​​Ada usia yang baik untuk kesuksesan ini,” ujarnya.

Oleh karena itu, KONI berinisiatif mengajak perguruan tinggi untuk bahu-membahu mendukung atlet-atlet terbaiknya. Kerjasama tersebut meliputi pemberian beasiswa, sistem perkuliahan yang fleksibel, dan alternatif tugas akhir sesuai dengan Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan no. 53 Tahun 2023, Pasal 59 Ayat 3.

Direktur Akademik dan Kemahasiswaan Tawfiq Rahman, M.Com yang hadir mewakili UMJ menyampaikan dukungannya terhadap kerja sama yang terjalin dengan KONI DKI Jakarta.

“UMJ akan memberikan sesuatu yang lebih kepada para pemain terbaiknya,” kata Tawfiq.

Diketahui, ada dua mahasiswa UMJ yang tergabung dalam skuad DKI Jakarta, Whiyo Setiawan di cabang atletik dan Dayah Ayo di cabang olahraga voli. Selain itu, ada tiga pelajar lain yang mengikuti PON XXI 2024 dari skuad Buntin, yakni Julang Zulfiqar, Hamzah Zulfiqar, dan Nanda Prithama pada cabang olahraga kriket. Mereka merupakan mahasiswa Program Pelatihan Pendidikan Olahraga Fakultas Ilmu Pendidikan (POR FIP) UMJ. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *