Misi 8 Hari Jadi 8 Bulan, Boeing Starliner Kembali ke Bumi tanpa Astronaut

iaminkuwait.com, JAKARTA – Pesawat luar angkasa Boeing Starliner mendarat tanpa awak di gurun New Mexico pada Jumat malam (06/09/2024). Hal ini mengakhiri misi uji coba selama tiga bulan karena masalah teknis yang memaksa para astronot untuk tinggal di Stasiun Luar Angkasa Internasional hingga tahun depan.

Astronot NASA Butch Wilmore dan Suni Williams, yang merupakan kru pertama yang menerbangkan Starliner pada bulan Juni, tetap berada di ISS saat Starliner lepas landas secara otomatis pada hari Jumat pukul 18:04. Waktu Timur (22:04 GMT). Starliner memulai perjalanan enam jamnya ke Bumi dengan manuver dorong yang bulan lalu dianggap NASA terlalu berisiko bagi awaknya.

Seperti yang ditunjukkan oleh siaran langsung NASA, Starliner kembali ke Bumi tanpa insiden dan berhasil menyelesaikan fase akhir penting dari misinya.

Pesawat ruang angkasa itu kembali memasuki atmosfer bumi sekitar pukul 11 ​​​​malam. ET dengan kecepatan orbit sekitar 27.400 km per jam. Sekitar 45 menit kemudian, pesawat ruang angkasa tersebut mengerahkan serangkaian parasut untuk memperlambat penurunannya, serta serangkaian kantung udara beberapa saat sebelum mendarat di pelabuhan antariksa White Sands, gurun tandus di New Mexico.

Misi ini diharapkan menjadi uji terbang terakhir sebelum NASA mensertifikasi Starliner untuk misi rutin. Namun, keputusan NASA untuk mencegah astronot menaiki kapsul tersebut karena alasan keamanan membuat jalur sertifikasi pesawat luar angkasa tersebut menjadi tidak pasti.

Wilmore dan Williams, yang membawa makanan dan perbekalan tambahan ke ISS, akan kembali ke Bumi dengan menggunakan kendaraan SpaceX pada Februari 2025. Apa yang awalnya seharusnya merupakan tes delapan hari berubah menjadi misi delapan bulan bagi para kru.

ISS, sebuah laboratorium sains seukuran lapangan sepak bola yang berjarak 402 kilometer ke luar angkasa, mempekerjakan tujuh astronot lain yang tiba pada waktu berbeda dengan pesawat ruang angkasa lain, termasuk kapsul Soyuz Rusia. Wilmore dan Williams harus terus melakukan eksperimen sains dengan kru mereka.

Pengalaman lima pengemudi….

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *