Studi Terbaru: T Rex Mungkin tak Sejenius yang Dikira

iaminkuwait.com, JAKARTA – Perdebatan mengenai kecerdasan Tyrannosaurus rex (T rex) mencapai tingkat baru, dengan penelitian terbaru menunjukkan bahwa raksasa purba itu mungkin tidak secerdas yang kita duga. Sebuah studi kontroversial pada tahun 2023 mengklaim bahwa Tyrannosaurus rex mungkin memiliki kecerdasan yang mirip dengan monyet modern, tetapi temuan baru meragukan klaim tersebut.

Para peneliti di Universitas Heinrich Heine Jerman, yang dipimpin oleh ahli zoologi Kai Caspar, mengatakan pengukuran otak yang digunakan dalam penelitian sebelumnya tidak akurat. Mereka menemukan bahwa hipotesis bahwa kompartemen endokrin di otak T. rex memenuhi sebagian besar otak tidak berlaku untuk sebagian besar dinosaurus.

Lebih lanjut, Kasper dan timnya menekankan bahwa jumlah neuron di otak tidak berhubungan langsung dengan kecerdasan. Mereka menekankan bahwa faktor-faktor seperti pola konektivitas otak berperan penting dalam menentukan kecerdasan gender.

“Hanya menghitung jumlah neuron yang beregenerasi bukanlah metode yang tepat untuk memperkirakan kecerdasan spesies yang punah,” kata Kasper, seperti dilansir Science Alert, Selasa (5 Juli 2024).

Studi ini mendorong perlunya pendekatan yang lebih komprehensif untuk menilai informasi hewan prasejarah, termasuk anatomi, analisis perilaku, dan perbandingan dengan spesies modern. Meskipun beberapa petunjuk perilaku menunjukkan bahwa T. rex mungkin bersifat sosial dan diburu secara berkelompok, hal ini tidak cukup untuk membuktikan bahwa kecerdasannya sebanding dengan primata.

“Dalam banyak hal, mereka seperti buaya yang besar dan cerdas, dan hal ini juga sama menariknya,” kata Darren Naish, ahli paleontologi di Universitas Southampton.

Penelitian baru, yang diterbitkan dalam jurnal Anatomical Record, menyoroti kompleksitas pemahaman kecerdasan hewan prasejarah seperti Tyrannosaurus rex.​

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *