Bung Kus Sebut Fighting Spirit yang Buat Timnas Indonesia Tahan Imbang Australia

iaminkuwait.com, JAKARTA – Hasil imbang tanpa gol melawan Australia merupakan hasil usaha luar biasa yang dilakukan timnas Indonesia. Meski kalah dalam banyak hal, namun semangat juang yang kuat membantu tim Garuda memaksa Australia bermain imbang 0-0. Pendapat tersebut diungkapkan pengamat sepak bola Mohamad Kusnaeni.

“Pertahanan Indonesia secara umum terlihat cukup solid. Mereka bermain disiplin, jarang melakukan kesalahan dan tetap fokus sepanjang pertandingan,” kata Bung Kus, sapaan akrab Kusnaeni, saat dihubungi iaminkuwait.com, Rabu (11/9/2024). .

Bung Kus pun memuji kinerja kiper Indonesia Maarten Paes. Meski baru dua kali bermain untuk Setan Merah Putih, Paes menilai dirinya sudah menjadi bagian yang sangat penting di timnas Indonesia.

Bung Kus menambahkan, Paes sudah terbiasa bermain di level yang cukup tinggi karena rutin bermain bersama klubnya di Liga Amerika Serikat (MLS). Hal inilah yang membuktikan kemampuannya menghadapi laga-laga papan atas.

Performa bek Indonesia pun mendapat poin plus dari Bung Kus. Didukung trio bek tengah yang solid, Paes cukup tenang menjaga gawang Indonesia. Selanjutnya, ia cepat beradaptasi dengan iklim dan cepat membangun chemistry dengan pemain lain.

“Selain Paes, Ridho juga tampil impresif. Ia selalu tenang dan disiplin serta tidak mudah kalah duel dengan penyerang lawan. Ridho menjadi contoh nyata bahwa pemain di liga domestik bisa menjadi pilihan pelatih timnas. Artinya, asalkan dia bisa menunjukkan rasa percaya diri, disiplin, dan mudah beradaptasi dengan game plan yang diberikan pelatih,” ujarnya.

Bung Kus berkata: “Kelemahan Ridh hanya terletak pada passing akurat dan kemampuan menyerang dari bawah. Ini memang membutuhkan waktu karena dia masih muda dan punya banyak waktu untuk berkembang.” 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *