Jelajahi iOS 18: Apa yang Canggih dan Menakjubkan?

iaminkuwait.com, JAKARTA – Apple baru saja mengumumkan peningkatan perangkat lunak besar berikutnya untuk iPhone, yakni iOS 18. Pada acara keynote WWDC, VP Perangkat Lunak Craig Federighi memaparkan beberapa peningkatan baru pada aplikasi dan sistem operasi Apple. Sistem itu sendiri.

Dan seperti yang diharapkan, iOS 18 akan memiliki fokus besar pada kecerdasan buatan dan fitur AI generatif. Seperti iPad dan Mac, iPhone akan mendapatkan Apple Intelligence ketika pembaruan perangkat lunak baru keluar pada musim gugur ini.

“Ini adalah momen besar, dengan fitur AI baru yang komprehensif yang membantu pengguna mengirim email, menghemat waktu dan mengekspresikan diri dengan perintah yang mudah digunakan,” kata Federighi, dilansir The Verge, Rabu (12/6/2024).

Perusahaan memulai presentasinya dengan perubahan yang lebih tradisional. Pertama, layar beranda lebih dapat disesuaikan sehingga Anda dapat menempatkan ikon dengan lebih fleksibel. Dalam mode gelap, ikon aplikasi akan berwarna lebih gelap agar lebih mudah dilihat.

Pusat kendalinya juga semakin canggih. Pengguna dapat menggeser halaman kontrol yang berbeda dan beralih ke fitur terpenting dengan media dan kontrol rumah pintar ditempatkan secara jelas. Aplikasi pihak ketiga dapat menawarkan integrasi Pusat Kontrol untuk pertama kalinya. Dan iOS 18 memungkinkan pengguna mengganti ikon kamera dan senter default di layar kunci dengan tombol Pusat Kontrol apa pun yang mereka inginkan.

IOS 18 meningkatkan privasi dengan memungkinkan pengguna meminta autentikasi untuk aplikasi apa pun yang dipilih. Kini pengguna juga dapat secara spesifik mengontrol kontak mana saja yang dapat diakses oleh aplikasi pihak ketiga.

Aplikasi Pesan juga menjadi lebih ekspresif. Pengguna dapat menggunakan emoji apa pun dalam tanggapan tapback – dan ada format baru untuk huruf tebal, garis bawah, coretan, dan miring. Apple juga memperluas komunikasi satelit iPhone untuk mengirim pesan melalui satelit. Apple juga menawarkan opsi untuk menjadwalkan pesan, yang tidak dimiliki Google Messages.

Peningkatan pada aplikasi Mail bawaan Apple mencakup kategorisasi yang lebih baik dengan penyortiran otomatis seperti Gmail untuk transaksi, pembaruan, dan promosi. Saat Anda lebih fokus bermain game daripada produktivitas, mode permainan baru di iOS 18 dapat meminimalkan aktivitas latar belakang untuk mendapatkan performa terbaik dan latensi terendah dengan GamePad atau AirPods yang terhubung.

Apple juga menjanjikan perombakan aplikasi Foto terbesarnya dengan iOS 18 saat perusahaan tersebut bersaing dengan Google Foto di Android. Yang terpenting, aplikasi ini sekarang dioptimalkan untuk menangani perpustakaan pengguna yang terus bertambah dan berkembang. Ini termasuk penyortiran wajah dan kemampuan untuk menyematkan koleksi ke atas untuk akses cepat.

Foto juga akan berfungsi lebih baik dalam mengelompokkan orang dan hewan peliharaan secara otomatis ke dalam koleksi yang dapat diakses pengguna melalui tampilan carousel baru di aplikasi.

Terkait fitur AI, Apple mengatakan bahwa Apple Intelligence — serta iOS 18 — memahami pengguna lebih baik daripada layanan lainnya. Di antara sekian banyak kemampuan sistem, pengguna dapat dengan mudah membuat gambar dan pesan.

“iOS sekarang akan dapat memprioritaskan notifikasi dengan cara yang lebih cerdas, menunjukkan kepada Anda apa yang paling penting sebelum melihat seluruh daftar. Asisten Siri Apple akan mendukung interaksi yang lebih alami dan mampu menjawab lebih banyak pertanyaan,” jelas Federighi.

Siri juga dapat melakukan tindakan dalam aplikasi iPhone atas nama pengguna. Pengguna bisa memintanya untuk mengambil foto, mengedit gambar, atau memindahkan item di berbagai aplikasi. Sebagai contoh, Apple mengatakan Siri dapat mengambil foto SIM pengguna, secara otomatis mengambil nomor tersebut dan menempelkannya ke dalam formulir. Apple Intelligence akan diluncurkan dalam versi beta di iOS 18, iPadOS 18, dan macOS Sequoia, dengan integrasi ChatGPT akhir tahun ini.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *