Rektor Sambut Kembalinya Mahfud MD ke Kampus UII

iaminkuwait.com, SLEMAN – Profesor Hukum Tata Negara Mahfud MD menyampaikan keynote address pada Seminar Nasional “Agama dan Negara dalam Wacana Indonesia Kontemporer” yang digelar di kampus Universitas Islam Indonesia (UII), Selasa. , Yogyakarta. (30.04.2024).

Rektor UII Prof Fathul Wahid menyambut baik kembalinya Mahfud ke dunia akademis, khususnya almamaternya. Ia juga berharap Prof Mahfud dapat menginspirasi dan memotivasi generasi muda di kampus.

Baca: Ustadz Adi Hidayat Tes Siswa Polwan Penghafal Alquran

“Kami sangat berbahagia dan karenanya menyambut kedatangan Prof Mahfud MD kembali ke Universitas Islam Indonesia setelah 24 tahun mengabdi pada negara dalam berbagai peran penting dan strategis baik eksekutif, legislatif, dan yudikatif, sehingga Prof Mahfud dapat kami katakan memiliki paket lengkap dengan segala pengalamannya,” kata Fathul dalam sambutannya

Menurut Fathul, salah satu kiprah Mahfudi yang paling berkesan adalah memimpin Mahkamah Konstitusi (MK). Oleh karena itu, ia berharap kehadiran Mahfud di UII dapat memberikan keberanian kepada mahasiswa untuk membangun bangsa dan negara.

“Pemikiran Prof Mahfud yang berbeda, khususnya mengenai agama dan negara, tetap diperlukan oleh masyarakat, dan khususnya bagi masyarakat UII,” kata Fathul.

Baca: SBY Kunjungi Menlu Singapura Hadiahkan Lukisan ke Tamu

Seminar nasional ini terselenggara atas kerja sama UII dan MMD Initiative, sebuah lembaga penelitian di bawah naungan Mahfud MD. Beberapa pembicara yang hadir adalah ulama Masykuri Abdillah, Tabita Kartika, Sukidi dan Hamid Basyaib.

Asmai Ishak, Managing Director MMD Initiative mengatakan lembaga tersebut telah berdiri sejak tahun 2013. MMD Initiative merupakan lembaga yang mengutarakan cita-cita Mahfud MD dalam mendukung keadilan, demokrasi, hak asasi manusia, dan etika.

Inisiatif MMD juga menjadi rumah bagi Mahfud untuk memperkuat demokrasi, etika, moralitas, dan perlindungan hak asasi manusia. Asmai bersyukur jangkauan inisiatif MMD meluas ke seluruh Indonesia sebagai wadah refleksi gagasan dan cita-cita Prof Mahfud.

Baca: Eks TGUPP Soroti Nama Aktor yang Terdaftar di KJP Heru Budi Hartono

“Kami mengundang mengingat Pak Mahfud adalah seorang akademisi dan alhamdulillah UII siap bekerjasama dengan kami, semoga kerjasama ini dapat berkelanjutan dan menciptakan sesuatu untuk negeri ini,” kata Asmai.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *