Hujan Diprediksi Guyur Mayoritas Kota Besar Hari Ini

iaminkuwait.com, IAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) memperkirakan kondisi cuaca di kota-kota besar Indonesia pada Selasa (5/7/2024) akan terkendali oleh hujan. Hujan tersebut disebabkan oleh adanya tiga kali badai petir dan dampak angin topan 91P.

Tiga sirkulasi siklon terjadi di perairan Kalimantan Barat bagian utara, kemudian di Samudera Pasifik di Papua bagian utara, dan Laut Banda. Kondisi tersebut berpotensi meningkatkan perkembangan perkembangan hujan di sekitar wilayah sirkulasi siklon, kata ahli meteorologi BMKG Rif’at. Darajat dalam keterangannya di Jakarta, Selasa.

Rif’at mengatakan Topan 91P sangat lemah di sekitar Laut Arafuru. Hal ini akan menyebabkan hujan ringan hingga lebat dan angin kencang di wilayah tropis.

Di Pulau Sumatera, hujan ringan diperkirakan terjadi di Banda Aceh, Pekanbaru, Palembang. Hujan lebat diperkirakan terjadi di Bengkulu, Bandarlampung, dan Medan.

BMKG mengimbau masyarakat mewaspadai hujan disertai petir atau petir di Padang, Tanjungpinang, Jambi, dan Pangkalpinang.

Pindah ke Pulau Jawa, Surabaya diprakirakan cerah. Sedangkan Serang, Semarang, Bandung, dan Yogyakarta diprakirakan berawan.

Selain itu, Pulau Bali dan Nusa Tenggara biasanya cerah setiap harinya. Cuaca di Denpasar dan Kupang diperkirakan berawan, sedangkan Mataram diperkirakan berawan.

Di Pulau Kalimantan, Banjarmasin diperkirakan cerah berawan, dan Palangka Raya diperkirakan hujan ringan.

BMKG mengingatkan masyarakat mewaspadai hujan disertai kilat atau kilat di Pontianak, Tanjung Selor, dan Samarinda.

Di Pulau Sulawesi, cuaca diperkirakan cerah dan berawan di Manado. Hujan ringan berpotensi membanjiri Gorontalo, Palu, dan Makassar.

Kemudian diprakirakan terjadi hujan lebat di Kendari. Masyarakat di Mamuju diimbau waspada karena prakiraan cuaca hari ini akan turun hujan disertai petir dan kilat.

Di wilayah Indonesia bagian timur, cuacanya cenderung ringan dan intensitasnya rendah. Prakiraan hujan ringan hanya terjadi di Jayapura; Saat ini, hujan sedang diperkirakan terjadi di Ternate, Manokwari, dan Ambon.

Menurut BMKG, angin di Indonesia akan selalu bertiup dari arah timur dengan kecepatan angin 10 hingga 45 kilometer per jam. Namun suhu udara rata-rata 17 hingga 34 derajat Celcius dengan kelembapan 50 hingga 100 persen.

Prakiraan tinggi gelombang laut di Indonesia sangat normal yaitu 0,5 hingga 2,5 meter. Mohon diwaspadai kemungkinan terjadinya gelombang pasang atau rob di Pantai Belawan dan Pantai Balikpapan, pungkas BMKG Prakirawan Rif’at Darajat.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *