Hati-Hati Penipuan Online Atas Nama BRI di Media Sosial! Begini Cara Antisipasinya

iaminkuwait.com, JAKARTA – PT Bank Rakyat Indonesia Tbk (BRI) belakangan ini ditipu di media sosial. Penipu menggunakan nama BRI untuk menipu korbannya dengan berbagai cara yang canggih dan terkadang sulit membedakannya dengan komunikasi resmi.

Penipuan online ini biasanya melibatkan pesan yang diterima dari email BRI. melalui email, SMS atau platform media sosial seperti Facebook, X dan Instagram. Modus operandi yang biasa dilakukan adalah mengklaim undian berhadiah uang tunai, sepeda motor, dan mobil.

Bahkan pada bulan lalu terjadi penipuan internet yang mengatasnamakan BRI yaitu pengundian hadiah FSTVL BRI di media sosial. Beredar postingan di media sosial yang menginstruksikan nasabah BRI untuk mendaftar lotere palsu.

Namun tautan yang disertakan yaitu couponberh4di4h.kesug.com tidak tertaut ke situs resmi BRI. Pasalnya, situs resmi BRI hanya bisa diakses melalui https://bri.co.id/.

Dan jika kita mencari akun resmi media sosial BRI khususnya Instagram @bankbri_id, belum ada informasi resmi mengenai togel BRImo FTVL. Dengan kata lain, upload BRImo FTVL dengan menggunakan nama BRI adalah penipuan online.

Himbauan BRI kepada Masyarakat

Sejak laporan RRI tersebut, Direktur BRI Andrijanto mengungkapkan pihaknya bekerja sama dengan berbagai pihak untuk mencegah penipuan dan menghapus informasi palsu yang mengatasnamakan BRI.

BRI berkoordinasi dengan berbagai pihak terkait untuk memulihkan dan mengantisipasi berbagai pola kejahatan dan kami terus memantau dan menangani penyebaran informasi palsu, ujarnya.

Andrijanto menegaskan nasabah harus berhati-hati untuk tidak mengungkapkan informasi pribadi dan rincian bank kepada pihak yang tidak dikenal atau tidak resmi.

“Jangan memasukkan data pribadi seperti nomor rekening, nomor kartu, PIN, pengguna dan kata sandi perbankan online, OTP, dll melalui tautan atau situs web yang tidak terverifikasi atau tidak dapat diverifikasi,” ujarnya.

Oleh karena itu, masyarakat diimbau untuk mewaspadai informasi yang tidak diketahui sumbernya dan selalu mengecek keabsahan informasi langsung dari sumber terpercaya atau saluran komunikasi resmi BKI.

Jalur komunikasi resmi BRI adalah Instagram: @bankbri_id, Facebook: Bank BRI, X: @BankBRI_id, @promo_BRI dan @kontakBRI, TikTok: bankbri_id. Selain itu nasabah dapat menghubungi Sabrina di 0812 1214 017, email by post [email protected], nomor kontak BRI 1500017 dan www.bri.co.id.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *