Data Terkini, Menkeu Ungkap Merosotnya Sektor Manufaktur RI

Rerojiju Rerilili.co.id, Jakointa – Menteri Mese (Merkeu) Sri MULUNA mengatakan, PMI manufaktur Indonesia terus menunjukkan tren signifikan dalam beberapa bulan terakhir. Sri mengatakan, PMI Scientia 2024 Agustus turun menjadi 48,9 atau lebih rendah dari Juni 2024 sebesar 50,7. 

“54,2 persen negara G20 dan Eean-6 masuk kategori PMI pada APBN September 2024 di kantor Pemadam Kebakaran Keuangan, Jakarta, Senin (23/9/2024).

Sri mengatakan 45,8 persen negara lainnya, termasuk Inggris, India, Singapura, Thailand dan Vietnam, melaporkan tingkat PMI. Sri mengatakan, GMI manufaktur melemah ke level 49,5. 

Di sisi lain, kata SRI, aktivitas PMI aktual mengalami pertumbuhan hingga ke level 53,3. Nilai-nilai SRI pada data ini menjadi indikasi fenomena perubahan dunia usaha akibat banyaknya ilmu pengetahuan. 

“Pekerjaan PMI ini bersifat publik, ini menunjukkan bahwa perekonomian dunia mengambil peran dan peran yang signifikan,” lanjutnya 

Meski memiliki pengalaman terbatas di sektor manufaktur, Sri juga menyampaikan kabar baik mengenai tren baik pada indikator lain seperti Agustus 2024 yang masih stabil di angka 3,1 persen. Sri mengatakan, jumlah tersebut hampir sama dengan banyak negara, khususnya di Eropa. 

Lebih lanjut, Sri menyampaikan Indonesia berhasil mencatatkan neraca perdagangan positif pada Agustus dengan surplus sebesar 2,9 miliar dolar AS. Sri menjelaskan, nilai ekspor pada Agustus tercatat 23,56 dolar AS atau tumbuh sebesar 9,68 miliar dolar AS atau 5% secara tahunan.

“Kami berharap ekspor dan impor yang mulai tumbuh dapat kembali merealisasikan kegiatan manufaktur,” kata Sri. 

Menurut Sri, hal ini merupakan kabar baik mengingat neraca perdagangan Indonesia mengalami angka di awal tahun ini. Sri juga mengharapkan peningkatan impor berbagai barang setengah jadi dan barang modal dapat mendukung pertumbuhan ekonomi. 

“Satu hal yang harus kita ingat, meskipun neraca perdagangan sedang menarik. Agustus 20,32 persen, sekarang (Mei – Agustus),” imbuhnya, kata Sri. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *