Fitur Tersembunyi Android 15 Mungkinkan Pengguna Gunakan Dark Mode di Semua Aplikasi

iaminkuwait.com, JAKARTA – Fitur tersembunyi di Android beta menempatkan semua aplikasi ke mode gelap, bahkan aplikasi yang tidak mendukungnya secara asli. Fitur ini cocok bagi penggemar mode gelap di ponsel Android. 

Meskipun OS Android dan aplikasi Android terpopuler memiliki opsi mode gelap bawaan, tidak semua aplikasi memilikinya. Misalnya, TikTok memiliki mode gelap untuk iOS tetapi tidak untuk Android, dan aplikasi Amazon tidak memiliki mode gelap di kedua platform. Di sinilah fitur ini berguna. 

Dilaporkan ZDNET pada Selasa (30/4/2024), Mishaal Rahman dari Android Authority pertama kali melihat tombol baru di bawah “Warna dan Gerakan” di halaman pengaturan aksesibilitas APK Android 14 QPR Beta 2, yang dirilis pada Januari 2024. tidak terlihat secara default, disebut “membuat semua aplikasi menjadi gelap”. Seperti namanya, ini menerapkan tema gelap, terlepas dari apakah aplikasi mendukungnya atau tidak. 

Android 10 memperkenalkan opsi “override force-dark”, tetapi opsi ini tidak berfungsi di semua aplikasi. Versi baru ini berfungsi di banyak aplikasi, menurut Rahman, secara khusus menyebutkan Fitbit dan Orangetheory. 

Ini tidak berarti kinerjanya akan sempurna. Fitur ini berlaku untuk aplikasi apa pun tanpa tema gelap, namun karena memaksa aplikasi untuk berubah, Android memperingatkan di bawah tombol bahwa “beberapa aplikasi mungkin mengalami masalah tampilan”, seperti warna tidak langsung. 

Menurut halaman bantuan pengembang Android, Google telah merancang opsi Paksa Gelap bawaan untuk membantu pengembang aplikasi menerapkan tema gelap dengan cepat. Fitur ini menganalisis setiap layar aplikasi dengan tema terang dan secara otomatis menerapkan tema gelap sebelum menampilkannya di layar. 

“Gelapkan semua aplikasi” belum tersedia, tetapi mungkin akan hadir di Android 15. Rilis Pratinjau Android 15 berikutnya, Beta 2, akan tiba pada bulan Mei, sesuai dengan jadwal rilis. Karena fitur tersebut sudah ada dan berfungsi, Google mungkin hanya perlu mengaktifkannya. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *