AwanToko Percepat Digitalisasi UMKM Indonesia dengan Teknologi dan Permodalan

iaminkuwait.com, JAKARTA – Aplikasi layanan Awantoko mendukung upaya pemerintah dalam mempercepat proses digitalisasi usaha kecil dan menengah Indonesia.  Agung Priambodo, Brand Marketing Director Awantoco, mengatakan Awantoco memberikan dua layanan kepada UMKM, khususnya warung dan pedagang grosir. Yang pertama adalah dukungan teknis, dan yang kedua adalah permodalan.

“Untuk dukungan teknis, Avantoco dapat membantu mengubah pencatatan transaksi manual menjadi digital. “Untuk permodalan, Awantoko bisa membantu pembiayaan usaha kecil dan menengah melalui sister company Awan Tunai,” kata Agung dalam keterangan tertulis, Jumat (16 Agustus 2024).

Agang juga menyampaikan bahwa digitalisasi UMKM merupakan langkah penting dalam menghadapi tantangan zaman modern. Teknologi yang lebih canggih dapat membantu usaha kecil dan menengah meningkatkan efisiensi dan memperluas jangkauan pasar.

“Transformasi digital ini tidak hanya mempermudah pengelolaan bisnis, tetapi juga membuka peluang-peluang baru yang sebelumnya sulit diakses. “Tanpa digitalisasi, UMKM berisiko tertinggal dan kesulitan bersaing di pasar yang sangat kompetitif,” jelas Agung.

Agung menjelaskan, layanan Awantoko akan memudahkan pelaku usaha kecil dan menengah berbelanja langsung di grosir online.

Agang mengatakan dukungan teknis yang diberikan Awantoko akan mempercepat proses digitalisasi UMKM.  Pemerintah sebelumnya menargetkan 30 juta usaha kecil dan menengah go digital pada tahun ini. Namun, pada pertengahan tahun lalu, baru 25% dari target tersebut yang sudah terdigitalisasi.

Kontribusi usaha kecil dan menengah terhadap PDB nasional akan mencapai 60,5% pada tahun 2023. Hal ini menunjukkan betapa besarnya potensi usaha kecil dan menengah untuk berkembang di Indonesia.  “Untuk itu kami akan terus berupaya mendukung pemerintah dalam melaksanakan program digital bagi usaha kecil dan menengah,” kata Agung.

Ia menambahkan, tiga sasaran layanan Awantoko adalah pedagang kaki lima, pedagang grosir, dan distributor. Layanan Awantoko untuk warung dapat diunduh melalui aplikasi berbasis Android, sedangkan pedagang grosir dan distributor dapat menggunakan layanan Awantoko Pro berbasis web.

Agang menambahkan, Awantoko terdaftar di Kementerian Perdagangan. Awantoko menyediakan pembiayaan untuk usaha kecil dan menengah melalui perusahaan saudaranya AwanTunai, yang memiliki izin sebagai perusahaan pemberi pinjaman asosiasi oleh Otoritas Jasa Keuangan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *