Kementerian PPPA Ajak Orang Tua Didik Anak Sesuai Zaman

iaminkuwait.com, JAKARTA – Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (KemenPPPA) mengimbau para orang tua lebih aktif dalam mendidik anaknya seiring dengan perkembangan saat ini. Dalam keterangan resminya, KemenPPPA menekankan pentingnya pemahaman dan respons orang tua terhadap dinamika perubahan lingkungan, termasuk kemajuan teknologi dan informasi.

“Mendidik anak sesuai usianya. Pendekatan ini penting. Kita selalu bandingkan kenapa kita tidak seperti dulu, sebagai ibu, sebagai ayah dulu,” kata Deputi Penegakan Hak Anak Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. PPPA Rohika. Kurniadi Sari pada webinar bertajuk “Melindungi ‘anak usia dini dari risiko perubahan iklim dan era digital’” di Jakarta, Rabu (31/7/2024).

Menurut Rohika Kurniadi Sari, tidak bijaksana membandingkan pola asuh orang tua saat ini dengan pola asuh orang tua di masa lalu karena zaman sudah berbeda. Oleh karena itu, ia menekankan agar orang tua/keluarga mendengarkan suara anak sejak dini. “Sejak dini, prinsip mendengarkan suara anak, berbagi dalam pengambilan keputusan keluarga menjadi penting,” kata Rohika Kurniadi Sari.

Untuk menghindari dampak negatif digitalisasi, orang tua juga harus mengedukasi anak dan menjadi pendamping saat beraktivitas dengan gawai. Menurutnya, upaya ini penting karena pengasuhan anak saat ini tidak bisa lepas dari perkembangan teknologi dan digitalisasi.

“Ketika anak-anak benar-benar tidak dapat menyangkal bahwa mereka terhubung dengan perangkat, bantuan itu menjadi penting. Karena itu akan menjadi pedang bermata dua di mana anak-anak mengenal (teknologi) dengan cepat, tetapi ada juga bantuannya,” kata Rohika Kurniadi Sari.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *