Mahasiswa Universitas Nusa Mandiri Pandai Tampilkan Matriks Bisnis yang Informatif

iaminkuwait.com, JAKARTA – Program Studi Sistem Informasi Fakultas Teknologi Informasi (FTI) Universitas Nusa Mandiri (UNM) sukses menyelenggarakan workshop “Membangun Performance Dashboard Business Intelligence Analysis dengan Tableau”. 

Webinar akan dilaksanakan secara online pada hari Sabtu tanggal 22 Juni 2024 pukul 09.00-12.00 WIB. Narasumber yang hadir adalah Nanang Ruhiana, praktisi PT Arsitektur Digital Teknologi dan moderator adalah Titin Christiana, dosen Universitas Nusa Mandiri.

Nanang Ruhiana menjelaskan Business Intelligence merupakan kumpulan data bisnis yang disimpan untuk analisis aktivitas bisnis dan status Key Performance Indicator (KPI) suatu perusahaan atau organisasi, sedangkan Business Analytics merupakan data bisnis yang disimpan dalam jangka waktu lama. Waktu. Kemudian disortir dan dibersihkan untuk dianalisis.

Fungsi intelijen bisnis menghasilkan metrik bisnis yang informatif dan selalu diperbarui/real-time serta mendukung pengambilan keputusan terkait strategi perusahaan. Sedangkan analisis bisnis mengidentifikasi kekuatan dan kelemahan perusahaan serta kemungkinan skenario masa depan dan memprediksi peluang,” jelas Nanang dalam keterangan yang diterima, Rabu (26/6/2024).

Beliau juga mencontohkan analisis intelijen bisnis seperti pada supermarket yang produknya selalu berpindah-pindah di supermarket dan memprediksi karakteristik pelanggan berdasarkan pelanggan, kebiasaan, usia, jenis kelamin dan produk yang dipilih.

“Untuk berbagai aplikasi dashboard intelijen bisnis seperti Tableau, Microsoft Power BI, Oracle BI, Yellowfin BI, Metadata, Apache Superset, Google Data Studio. Ada berbagai aplikasi analisis bisnis seperti Orange, Veca dan RapidMiner,” imbuhnya.

Ia berharap apa yang disampaikan dalam workshop tersebut dapat bermanfaat bagi para peserta.

“Semoga workshop ini dapat bermanfaat dan menambah pengetahuan mahasiswa mengenai intelijen bisnis dan analisis bisnis serta dapat juga diterapkan pada skripsi atau penelitian mahasiswa,” tutupnya. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *