Pemerintah Siapkan UMKM Tampil dalam Perayaan 17 Agustus di IKN

iaminkuwait.com, JAKARTA – Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif (Menparekraf) Sandiaga Salahuddin Uno bersama Otoritas Ibu Kota Kepulauan (OIKN) memberikan pendampingan dan pelatihan kepada Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) di kawasan IKN di persiapan tampil memamerkan produknya pada perayaan HUT ke-79 Republik Indonesia di IKN.

Melalui program Diferensiasi (Bedah, Desain, Pengemasan) bertujuan untuk memberikan pendampingan kepada pelaku UMKM ekonomi kreatif, mengedukasi dan meningkatkan perekonomian serta pendapatan peserta industri kreatif di wilayah IKN dan sekitarnya.

Saya berharap seluruh peserta bisa meningkatkan penjualannya dan menciptakan lapangan kerja, karena sebenarnya yang menciptakan lapangan kerja adalah usaha kecil-kecilan, kata Sandiaga dalam keterangannya di Jakarta, Rabu (1/5/2024).

Sandiaga mengatakan, pelatihan ini diharapkan dapat meningkatkan kualitas produk UMKM sehingga dapat meningkatkan pendapatannya. Menurutnya, pendapatan yang stabil bisa membuat UMKM sukses.

“Model bisnisnya harus profitabel, kita dukung dengan meningkatkan penjualan dan pendapatan serta menekan biaya serendah mungkin. Dari semua UMKM yang sukses, mereka mampu menjaga pendapatannya tetap stabil dan cenderung tumbuh, namun biaya atau biaya produksinya ditekan seefisien mungkin,” ujarnya.

Sandiaga juga menyampaikan kesiapan lokasi di IKN, dimana beberapa fasilitas pariwisata dan ekonomi kreatif seperti Hotel Nusantara dan Hotel Qubika sudah siap beroperasi.

Selain itu, fasilitas sentra ekonomi kreatif akan mulai beroperasi pada akhir Juli atau awal Agustus 2024. UKM peserta pelatihan juga berkesempatan memamerkan karyanya pada acara pada 17 Agustus 2024.

“Nantinya UMKM yang sudah dibina dan dibina bisa mulai dibangun dan dilatih sehingga pada perhelatan besar 17 Agustus nanti sudah siap. Nantinya kami akan berkoordinasi dengan Otoritas IKN agar prosesi kemeriahan tanggal 17 Agustus ini dapat dirasakan oleh masyarakat luas, termasuk para penulis.

Kemenparekraf menyiapkan 300 hingga 400 UKM untuk mengikuti perayaan 17 Agustus 2024 di IKN. Sementara itu, Direktur Kebudayaan dan Ekonomi Kreatif Otoritas IKN, Muhsin Palinrungi mengatakan, pihaknya telah mengkurasi 417 UMKM binaan.

“Kita pilih yang mempunyai potensi kemudian kita kembangkan dan kerjasama dengan Direktorat Desain, Kerajinan dan Fesyen Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, dari 50 orang yang kita kurasi pada tahap awal akan kita informasikan, dari 50 orang yang terpilih . sampai tanggal 25, selanjutnya kami akan diberikan pembekalan berupa desain kemasan produk oleh desainer profesional,” kata Muhsin.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *