Penanganan Serangan Jantung Akut dan Prosedur Medis PCI

iaminkuwait.com, JAKARTA — Serangan jantung akut atau infark miokard akut merupakan kondisi medis yang memerlukan penanganan segera karena berpotensi menimbulkan kerusakan jantung permanen dan berisiko tinggi terhadap keselamatan pasien. Penyebab utama serangan jantung adalah adanya penyumbatan pada salah satu arteri koroner yang memasok darah ke otot jantung.

Penyumbatan ini biasanya disebabkan oleh gumpalan darah yang terbentuk di permukaan plak aterosklerotik, yaitu penumpukan lemak dan zat lain di dinding bagian dalam arteri, jelas ahli jantung di RS Silom Lippo Village Karavasi Antonia. . Anna Lucito, Sabtu (21/9/2024).

Ketika aliran darah terganggu, bagian otot jantung yang terkena tidak mendapatkan cukup oksigen dan nutrisi. Hal ini menyebabkan kerusakan atau kematian sel-sel jantung. Jika tidak segera ditangani, kerusakan ini bisa bertambah parah dan berujung pada komplikasi serius seperti gagal jantung atau kematian mendadak.

Gejala serangan jantung bisa berupa nyeri dada yang menjalar ke lengan kiri, bahu, rahang bawah, serta sesak napas dan mual, ujarnya.

Jika ada yang mengalami gejala tersebut, langkah terpenting adalah mencari pertolongan medis sesegera mungkin di ruang gawat darurat (IGD). Sebaliknya, pengobatan gagal jantung akut diatur dengan protokol yang ketat, termasuk penilaian yang cepat dan akurat di ruang gawat darurat.

“Ikuti tindakan medis yang tepat untuk meminimalkan kerusakan jantung dan meningkatkan kemungkinan pemulihan penuh,” jelasnya.

Anna menjelaskan, Intervensi Koroner Perkutan (PCI) merupakan prosedur medis yang dirancang untuk membuka penyumbatan pada arteri koroner dan memulihkan aliran darah ke jantung. Prosedurnya dilakukan dengan memasukkan kateter melalui pembuluh darah vena di lengan atau paha, yang diarahkan ke arteri koroner yang tersumbat.

“Setelah kateter terpasang, dokter dapat menggunakan balon kecil yang dapat ditiup untuk membuka sumbatan atau memasang stent (penyangga arteri jantung) agar arteri tetap terbuka,” ujarnya.

PCI adalah prosedur invasif minimal dan sering kali menjadi pilihan pertama untuk mengobati serangan jantung akut karena efektivitasnya dalam memulihkan aliran darah dengan cepat dan mengurangi kerusakan otot jantung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *