Peneliti Ungkap Daftar Hewan yang Mungkin Jadi Asal-Usul Covid-19 di Wuhan China

iaminkuwait.com, JAKARTA – Analisis genetik baru mengidentifikasi hewan yang bisa menjadi perantara penyebaran Covid-19 ke manusia di pasar Huanan, Wuhan, China, tempat virus corona diyakini berasal. Dalam penelitian yang dipublikasikan di jurnal Cell, para ilmuwan menganalisis data genetik dari lebih dari 800 sampel yang dikumpulkan di pasar grosir makanan laut Huanan oleh otoritas Tiongkok mulai 1 Januari 2020.

Meski data tersebut telah dipublikasikan sebelumnya, namun identifikasi jenis hewan yang kemungkinan terjangkit Covid-10 belum dilakukan secara detail. “Sampel ini mungkin merupakan data besar terakhir yang datang langsung dari pasar ini. Ini seperti menyelesaikan potongan terakhir dari teka-teki yang gambarannya cukup jelas,” Michael Worobey, dilansir Euronews, Minggu (22/9/2024). penulis artikel dari University of Arizona di Amerika Serikat.

Analisis terbaru ini menunjukkan bahwa anjing rakun merupakan spesies hewan yang paling sering terdeteksi di kios satwa liar yang diambil sampelnya pada 12 Januari, termasuk kios yang memiliki banyak sampel positif SARS-CoV-2. Selain itu, peneliti menemukan DNA musang dan tikus bambu pada sampel lingkungan yang positif terkena virus.

Meskipun banyak hewan yang telah di-eutanasia sebelum tim Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit (CDC) tiba, para peneliti masih menemukan jejak DNA dan RNA hewan dalam sampel lingkungan. Florence Debarre, salah satu penulis dari Pusat Penelitian Ilmiah Nasional Perancis, mengatakan temuan ini sesuai dengan skenario hewan yang terinfeksi di pasar.

“Penelitian ini mendukung hipotesis bahwa Covid-19 kemungkinan besar muncul dari hewan, namun tidak menyelesaikan perdebatan apakah virus ini muncul dari laboratorium penelitian,” kata Debarre.

Menurut Mark Woolhouse, seorang profesor penyakit menular di Universitas Edinburgh di Inggris, analisis ini menunjukkan bahwa asal muasal evolusi pandemi ini berasal dari pasar, dan kecil kemungkinan virus ini akan menginfeksi manusia sebelum menyebar pada tahun 2020. Huanan. Pasar. “Ini adalah temuan signifikan dan mengubah tren yang lebih memilih sumber hewani. Tidak ada keraguan bahwa Covid-19 telah menyebar di pasar yang penuh dengan berbagai jenis hewan,” kata Woolhouse, yang tidak terlibat dalam penelitian ini.

“Namun hal ini belum final. Pertanyaannya yang tersisa adalah bagaimana virus itu sampai ke sana,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *