Kementerian BUMN Bakal Kasih ‘Bonus’ Libur untuk Pegawainya

iaminkuwait.com, JAKARTA – Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN) berencana memberikan tambahan hari libur kepada pegawainya. Kementerian BUMN masih mematangkan kebijakan tersebut, kata Teddy Bharata, Wakil Kepala Bidang Pengelolaan Sumber Daya Manusia (SDM) Kementerian Teknologi dan Informasi BUMN. 

“Ini terutama untuk Kementerian BUMN sebagai salah satu program yang kami tawarkan menteri saat itu kepada pegawai Kementerian BUMN,” kata Teddy usai menghadiri KTT Saka Dharma Santi Nyepi BUMN 2023. Acara Tahun Baru 1945 di Gedung Sasono Utomo, Taman Kecil Indonesia Inda (TMII) pada Minggu (5/12/2024).

Teddy mengatakan jajaran Kementerian BUMN akan mendapat tambahan hari libur terlebih dahulu. Kebijakan ini tidak menutup kemungkinan untuk diterapkan juga di perusahaan-perusahaan negara. 

Teddy melanjutkan, “Dari sisi regulasi di Kementerian BUMN sekarang sedang kita selesaikan, dari sisi sistem karena perlu aktivasi, perlu digital untuk platformnya, sedang kita persiapkan, segera kita luncurkan.” 

Teddy mengatakan, tambahan cuti ini merupakan bentuk kepedulian pegawai Kementerian BUMN. Teddy meyakini kebijakan ini juga dapat meningkatkan produktivitas pegawai. 

“Kita perlu lebih memperhatikan karyawan, kita ingin melihat dampaknya terhadap produktivitas, kesejahteraan, maka kata kuncinya kita fokus pada karyawan kita dan produktivitasnya meningkat,” kata Teddy. 

Teddy mengatakan Kementerian BUMN saat ini sedang menyiapkan rencana cuti tambahan bagi pegawai. Teddy memastikan penghargaan kemeriahan ini diberikan kepada karyawan yang berkinerja baik. 

“Siapapun yang kinerjanya baik, dialah yang mendapat fasilitas, dan tentunya semuanya kita sesuaikan dengan kinerjanya,” kata Teddy. 

Sebelumnya, Menteri BUMN Eric Tohir berencana memberikan tambahan cuti kepada pegawai BUMN. Eric mengatakan, hal ini merupakan upaya BUMN untuk mengatasi permasalahan kesehatan mental yang banyak dihadapi anak muda Indonesia. 

“70% generasi muda punya masalah kesehatan mental, makanya kita dorong jadwal kerja yang padat,” kata Eric dalam acara BUMN Corporate Communications and Sustainability Summit (BCOMSS) 2024 di Tennis Indoor Senayan, Jakarta. / 2024).

Penemuan Eric disambut hangat jajaran BUMN yang memenuhi lapangan tenis indoor Senayan tadi malam. Dengan kebijakan baru ini, Anda bisa mengambil hari libur tambahan di hari Jumat dengan syarat tertentu. 

“Kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam, ada pilihan lain, di Kementerian BUMN saya tidak tahu, di BUMN mungkin kalau sudah bekerja lebih dari 40 jam, mereka punya pilihan lain. Jumat libur,” kata Eric. 

Eric mengatakan, karyawan yang bekerja 40 jam bisa libur pada hari Jumat. Eric berharap peraturan tersebut tidak hanya membantu karyawan mengatasi masalah kesehatan mental, tetapi juga meningkatkan produktivitas.  

“Kami mendorong hal itu, bukan berarti kami mendorong Anda bermalas-malasan. Tidak setiap hari Jumat adalah hari libur Anda. Jika Anda bekerja lebih dari 40 jam minggu ini, Anda dapat mendaftar setiap hari Jumat dua kali sebulan. Jadilah pilihan liburan,” kata Eric. 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *