Dokter Kulit Ungkap Cara Cegah Flek Hitam Akibat Sinar Matahari

iaminkuwait.com, JAKARTA – Dokter kulit Fitria Agustina mengatakan flek hitam akibat paparan sinar matahari saat cuaca panas bisa dicegah dengan produk perawatan kulit seperti serum vitamin C.

 

“Produk yang mengandung bahan seperti asam konat, asam azelaic, atau vitamin C dapat membantu memudarkan flek hitam dengan pemakaian teratur,” kata Fitria dalam wawancara singkat, Jumat (5/3/2024).

 

Menurut Fitria, paparan sinar matahari berlebihan dapat meningkatkan risiko hiperpigmentasi atau flek hitam pada kulit. Kondisi ini terutama terjadi pada orang dengan jenis kulit lebih gelap atau hiperpigmentasi.

 

Selain serum perawatan pemutih, penggunaan tabir surya setiap hari merupakan langkah penting dalam mencegah tumbuhnya pigmentasi kulit yang sudah ada dan munculnya flek hitam baru.

 

Dokter lulusan Universitas Indonesia ini menyarankan penggunaan tabir surya berspektrum luas dengan SPF tinggi (minimal 30) dan PA++++ untuk menghindari paparan sinar matahari berlebihan dan mencegah munculnya flek hitam.

 

Selain itu, eksfoliasi dengan AHA dan retinol topikal dapat membantu menghilangkan lapisan kulit yang mengandung pigmentasi berlebih dan memudarkan flek hitam. Fitria menuturkan, ia menggunakan pelembap yang ringan dan tidak berminyak untuk menjaga kulit tetap terhidrasi, terutama setelah mandi atau terpapar sinar matahari.

Peeling AHA dapat membantu…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *