Mendadak Mulas Setelah Minum Kopi di Pagi Hari, Apa Penyebabnya?

iaminkuwait.com, JAKARTA – Sebagian orang mungkin merasa ingin mandi setelah minum kopi pagi. Sebenarnya apa penyebabnya? Hal ini rupanya karena kafein pada kopi mempengaruhi otot-otot di perut.

Istilah buang air besar mengacu pada peregangan dan kontraksi otot-otot yang melapisi saluran pencernaan atau lambung. Namun, Sulaiman bin Yusof, ahli bedah di Colorectal Clinic Associates, Singapura, mengatakan. Dikatakan efek ini tidak akan terjadi.

Sulaiman mengatakan pada Selasa, 7 Mei 2024, “Yang menarik adalah fenomena ini. (Keinginan untuk mandi setelah minum kopi) ditemukan pada sekitar 30% orang.”

Bagi yang mengalami gejala ini Sensasinya biasanya muncul empat hingga 30 menit setelah minum kopi. Hal ini juga tergantung pada metode dan jenis kopi yang digunakan. Ini termasuk jenis kopi dan cara biji kopi disangrai.

Kenapa biasanya terjadi di pagi hari? Pasalnya, waktu tersibuk dalam sehari cenderung terjadi pada pagi hari.

Aktivitas usus dan tingkat kortisol secara alami tinggi. Membuat usus merespon lebih baik terhadap kopi Bukan hanya kafein yang mengiritasi usus. Namun ada juga zat lain dalam kopi, seperti asam klorogenat, asam sitrat, asam asetat, flavonoid, tanin, dan masih banyak lagi lainnya.

“Ada penelitian yang menunjukkan bahwa rasa kopi merangsang lambung,” kata Sulaiman.

Kandungan lain pada kopi seperti susu dan gula juga bisa menyebabkan sakit perut setelah minum kopi. Mengonsumsi gula dapat merangsang pelepasan insulin dan menyebabkan kembung pada sebagian orang. Sedangkan orang yang mengalami intoleransi laktosa akan merespons susu.

Gula laktosa dan susu juga diklasifikasikan sebagai oligosakarida yang dapat difermentasi, disakarida, monosakarida, dan poliol. Zat-zat ini dapat menyebabkan gejala seperti gas, kembung, dan perubahan kebiasaan buang air besar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *