Dekan FEB UI Tegaskan Bahlil Lahadalia Penuhi Syarat Kelulusan S3

REPUBLIK.CO. persyaratan untuk menyelesaikan studi doktoral.

Teguh yang ikut mempromosikan buku tersebut mengatakan skandal seputar tesis Bahlil di jurnal hewan telah diselesaikan pada April 2024 oleh Sekolah Kajian Strategis dan Global (SKSG) UI. Bahlil sebelumnya telah mengirimkan tulisannya ke dua jurnal. masuk dalam indeks Scopus yaitu Surat Migrasi dan Kajian Kurdi.

Namun kedua jurnal tersebut untuk sementara dicabut statusnya sehingga menjadi jurnal peer-review (jurnal yang menerbitkan karya penulis tanpa peer review) ketika artikelnya diterbitkan pada Juli 2024. Bahlil diminta menulis artikel baru di jurnal ternama. seperti Elsevier, Taylor & Francis, Springer, Sage dan Wiley & Son.

Teguh mengatakan pada Selasa 22/10/2024: “Bahlil harus menulis ini lagi di jurnal lain untuk mendapatkan gelarnya. Tidak benar Bahlil menyelesaikan buku harian hewan.”

Bahlil kini lolos untuk publikasi artikel di tiga jurnal. Ketiga jurnal tersebut adalah ASEAN Research Journal yang terdaftar di Scopus, Accounting and Finance Review Journal yang terakreditasi SINTA (Science and Technology Index) 2, dan Journal of Business and Management yang juga terakreditasi SINTA 2.

Teguh mengaku menyarankan Bahlil untuk mengejar gelar PhD bidang penelitian di SKSG UI, namun bukan PhD di FEB UI. Pasalnya, pada semester satu, perkuliahan dilakukan pada hari kerja, sehingga Bahlil mungkin akan kesulitan untuk hadir karena komitmennya.

Bahlil juga lolos untuk meraih gelar master di SKSG UI, karena ia menyelesaikan gelar master di bidang ekonomi di Universitas Cenderawasih (Uncen) pada tahun 2009, sesuai dengan ijazahnya dari sistem SKSG UI. “Bahlil juga sudah menyelesaikan empat semester (studi doktor), sesuai nomor direktorat 26/2022, sehingga layak mendapat promosi,” kata Teguh.

Pada 16 Oktober 2024, Ketua DPP Partai Golkar ini mendapat gelar doktor bidang kajian strategis dan global dari UI dengan predikat sangat memuaskan. Sedangkan mengenai epidemi pihak ketiga, buku Bahlil ditemukan 95% berkorelasi berdasarkan Turnitin. saat memeriksa dokumen pendaftaran, pihak universitas mengatakan ada kesalahan dalam sistem mereka.

Sebelumnya, dalam video tersebut disebutkan bahwa buku Bahlil adalah milik mahasiswa Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta. Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta Maila Dinia Husni Rahiem mengatakan, sebenarnya ijazah Bahlil diserahkan melalui akun Turnitin dan mendapat nilai serupa yakni 13%.

Hal itu dilakukan mahasiswa PhD sekaligus Guru Besar UIN Syarif Hidayatullah Jakarta yang mengulas buku Bahlil. Namun dokumen tersebut tidak langsung dihapus dan disimpan di situs Turnitin.

Saat Anda memeriksa, sistem menemukan kesamaan 100% karena teks tersebut dicatat dalam database Turnitin sebagai teks yang valid. Situasi ini menimbulkan ilusi bahwa Menteri Bahlil mencuri karya mahasiswa UIN Syarif Hidayatullah dari Jakarta, jelas Maila.

Dapatkan gelar master

Menteri Energi dan Mineral RI Bahlil Lahadalia menerima gelar master dari Sekolah Strategi dan Kajian Global (SKSG) Universitas Indonesia (UI) setelah mempertahankan gelar di bidang Politik, Kelembagaan dan Tata Kelola yang Baik serta Penjualan Nikel di Indonesia. ‘ pada konferensi promosi studi magister di Makara Art UI Center, Kota Depok, Rabu (16/10/2024).

Artikel Bahlil menyoroti pentingnya reformasi kebijakan nikel di Indonesia agar adil dan berkelanjutan bagi masyarakat, pengusaha, dan pemerintah daerah. Menurut dia, pemerintah daerah tidak menerima dana yang cukup untuk dikirim guna menyelesaikan berbagai permasalahan sosial dan lingkungan di daerah.

Usai pelantikan Prabowo, Jokowi kembali ke Solo dengan pesawat komersial. Jokowi mencopot Budi Gunawan sebagai Kepala BIN: Pak. Prabowo meminta calon menteri, termasuk Budi Gunawan, mengikuti pelatihan di Hambalang. “Pengusaha lokal juga tidak mempunyai peran signifikan dalam ekosistem, sedangkan investor asing mendominasi keturunannya,” Bahlil.

Selain itu, investor regional tidak mempunyai rencana jangka panjang untuk melakukan diversifikasi jauh dari faktor-faktor yang akan mempengaruhi keberlanjutan tren penurunan di masa depan. Dalam penelitiannya, Bahlil menemukan pengurangan jumlah pegawai yang terjadi saat ini berdampak positif terutama bagi pemerintah pusat dan investor melalui peningkatan produk domestik bruto (BRDP), investasi, dan ekspor.

Namun, ia juga mengidentifikasi empat permasalahan utama yang perlu segera diatasi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, Bahlil merekomendasikan empat kebijakan utama. Pertama, mereformasi distribusi bagi hasil terkait kegiatan di tingkat daerah agar lebih menguntungkan aparat pemerintah daerah.

Kedua, memperkuat kebijakan kerjasama dengan pengusaha daerah untuk meningkatkan nilainya. Ketiga, memberikan dukungan jangka panjang kepada lembaga-lembaga nasional yang berkontribusi terhadap penurunan tersebut. Terakhir, terdapat kewajiban jangka panjang untuk menyimpang dari investor guna memastikan penipisan logam mulia.

Selain itu, Bahlil juga menekankan pentingnya membentuk kelompok yang bertanggung jawab atas amanah yang diberikan Presiden untuk mengoordinasikan kebijakan-kebijakan mendasar, baik bagi pemerintah maupun investor, serta merekomendasikan penguatan tata kelola yang membuahkan hasil praktis. Selain itu, penerapan persyaratan dan metode bersifat berulang dan eksperimental.

“Saya berharap hasil penelitian ini dapat digunakan oleh pemerintah atau pemangku kepentingan lainnya di Indonesia yang terlibat dalam perumusan kebijakan pengelolaan sumber daya alam. Kami berharap hasil penelitian ini dapat menjadi pedoman dalam pembuatan kebijakan rendah nikel dan penguatan. institusi dan tata kelola untuk mendukung jatuhnya industri menuju keadilan dan keberlanjutan sumber daya alam,” Bahlil.

Ketua DPP Partai Golkar ini terdaftar sebagai mahasiswa S3 di SKSG UI mulai semester 2 tahun 2022/2023 sampai dengan akhir semester 1 atau 4 tahun 2024/2025. Masa studi tersebut terkait dengan Pasal 14 Direksi UI Nomor: 016 Tahun 2016 tentang Penyelenggaraan Program Studi Doktor di UI yang menyatakan bahwa studi doktor dirancang pada semester enam dan dapat diselesaikan paling lambat pada tahun 2016. istilah keempat. dan maksimal 10 mandat.

Dengan gelar masternya, Bahlil memantapkan posisinya sebagai pemimpin tidak hanya dalam bidang pembangunan politik, tetapi juga dengan pemahaman mendalam tentang pengelolaan berkelanjutan. Kuliah tersebut dipimpin oleh Prof. dr. I Ketut Surajaya SS.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *