Upaya Strategis Universitas Sumatera Utara Raih Standar Internasional

iaminkuwait.com, JAKARTA – Rektor Universitas Sumatera Utara (USU), Prof. di universitas negeri tertua berstandar internasional di Sumatera.

“USU telah memilih cara untuk diakui dunia dalam pelayanan Tridharma Perguruan Tinggi. Tentu saja salah satu tujuan politik yang diambil menjadi WCU adalah memastikan program studi yang kami jalankan memenuhi standar internasional”. ucapnya di Medan, Kamis, saat acara wisuda ke-2.211.

Wisudawan yang menyelesaikan studinya pada Februari hingga April 2024 sebanyak 2.211 orang tersebut terdiri dari program Doktor sebanyak 52 orang, program Magister sebanyak 287 orang, program Magister Pendidikan Kedokteran sebanyak 3 orang, program pendidikan profesi sebanyak 21 orang, dan program doktor sebanyak 34 orang. orang, Pendidikan Profesi 267 orang, Program SMA 1.461 orang, dan Program Diploma 86 orang.

Dikatakannya, sebagai salah satu institusi terbaik di Indonesia, USU telah melaksanakan berbagai program dalam tiga tahun terakhir dan terus berlanjut tanpa henti, dengan tujuan menghasilkan lulusan dengan keterampilan masa depan yang dibutuhkan dunia kerja.

Program pengabdian Tridarma yang ditawarkan USU merupakan bagian dari penciptaan keterampilan masa depan yang mutlak diperlukan untuk menghadapi dunia kerja.

Dikatakannya, krisis global sedang terjadi dan sangat sulit diprediksi sehingga mengharuskan USU memiliki program Tridharma yang mampu menghasilkan tenaga-tenaga yang segera terserap oleh industri.

Lanjutnya, berdasarkan hal tersebut USU telah menetapkan landasan penguatan lingkungan hidup untuk mencapai standar mutu dasar (IKU) dan akan diakui oleh lembaga penilai mutu nasional dan internasional yaitu QS dan THE.

Melalui proses tersebut, prestasi USU di kancah internasional antara lain menduduki peringkat 1.501 WUR dan peringkat 501-600 AUR pada tahun 2024, peringkat 800-1000 THE Impact Rank tahun 2024, serta peringkat 5 perguruan tinggi terbaik di Indonesia versi USU. Daftar Scimago.

Kemudian menjadi peringkat 12 perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia menurut Webometrics tahun 2023 dan peringkat 4 perguruan tinggi negeri terbaik di Indonesia dari segi penelitian menurut Schimago tahun 2024, ”ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *