Menko PMK dan Menteri PUPR Resmikan Rusunawa UMJ

iaminkuwait.com, Jakarta – Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Republik Indonesia (Menko PMK RI) Prof. Muhajir Efendi, M.A.P. Peresmian Rumah Tinggal Mahasiswa (UMJ) Universitas Muhammadiyah Jakarta (Rusunawa) pada Jumat (30/8/2024).

Acara dibuka dengan tabuhan gendang SMA Muhammadiyah 8 Ciputat. Pembangunan Rusunawa UMJ akan berlangsung pada tahun 2022 hingga 2023 dengan dana hibah dari Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) RI.

Hibah ini merupakan bagian dari program nasional untuk mendukung pendidikan tinggi melalui perumahan masyarakat. Antara tahun 2022 hingga 2024 telah dibangun 12 Rusunawa di berbagai Universitas Muhammadiyah dan Aysia (PTMA) di Indonesia.

Rusunawa UMJ memiliki tower tunggal tiga lantai dengan PSU (power unit) dan furniture. Gedung tersebut berkapasitas 36 unit sehingga mampu menampung 140 orang. Tempat ini menjadi prioritas bagi para pelajar peserta Soccer Boarding School (SBS) dan penerima beasiswa yang berdomisili di Rusunawa selama masa studinya.

Upacara Pelantikan oleh Menteri Koordinator Pembangunan Manusia dan Kebudayaan Prof. Dr Muhajir Efendi, Menteri Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR); (H.S.) Ir. H. Mochamad Basuki Hadimoeljono, MD, Ph.D. Dan Rektor UMJ Prof. Dr Mamun Murod al-Barbasi, M.C.

Dalam sambutannya, Menteri Koordinator PMK Muhajir Efendi mengucapkan selamat kepada Rusunawa atas pembukaan UMJ dan mengucapkan terima kasih kepada PUPR yang telah mendukung Muhammadiyah. Menurutnya, pengembangan tersebut sangat menguntungkan sehingga ia bersikeras menambah satu lagi pabrik Rusunava. “Mudah-mudahan UMJ masih mendapat rezeki yang lebih banyak lagi,” kata Muhajir, Ketua PP Muhammadiyah.

Menanggapi hal tersebut, Menteri PUPR Basuki Khadimuljono menyatakan akan segera menambah unit Rusunawa di UMJ. Ia mengatakan, salah satu program PUPR adalah membantu pembangunan infrastruktur pendidikan. “Semua ini akan kami pantau mulai sekarang untuk memperkuat kualitas pendidikan,” ujarnya.

Dalam kesempatan tersebut, Guru Besar UMJ Dr Mamun Murod mengucapkan terima kasih kepada Kementerian Pembangunan Manusia dan Pekerjaan Umum serta PUPR yang telah membantu pembangunan Rusunawa untuk UMJ. Dijelaskannya, dana tersebut akan digunakan untuk program SBS arahan UMJ yang dikenal dengan Rusunawa Football School. Program ini diperuntukkan bagi siswa dari siswa sekolah menengah atas hingga sekolah menengah atas. Mereka fokus pada pendidikan formal dan pelatihan sepak bola.

UMJ juga berharap bantuan pembangunan tambahan gedung Rusunava segera dilaksanakan untuk menjamin terlaksananya program yang direncanakan dengan lebih baik. “Di PTMA kita punya Himpunan Pengelola Rusunawa. UMJ nomor satu dalam pengelola Rusunawa terbaik. Tentu kita berharap Basuki bisa menambah satu lagi Rusunawa,” jelasnya.

Menurut Direktur Jenderal Perumahan Rakyat Ivan Supriyanti, PUPR telah membangun 2.300 rusun Rusunawa di seluruh Indonesia, termasuk 12 Rusunawa DKI yang diserahterimakan kepada Muhammadiyah antara tahun 2022 hingga 2024, berlokasi di Jakarta, Yogyakarta, Riau, Tengah, Selatan Sulawesi Selatan. . “Kami memahami bahwa pendidikan yang berkualitas tidak hanya tentang ruang kelas yang baik, tetapi juga tentang pengembangan diri siswa,” tutupnya.

Acara ini diselenggarakan oleh Prof. Agus Suraika, beliau adalah guru besar di UMJ. Dia juga bernyanyi bersama Dr. Basuki Hadimoeljono dan Profesor Muhajir Efendi, MAP, Rektor dan BPH UMJ.

Peresmian Rusunawa juga dihadiri oleh Ketua Badan Pembina Harian (BPH) UMJ, Profesor Dr. Abdul Muti, MD, Wakil Presiden, Dekan dan mahasiswa UMJ.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *