Simalakama Tottenham: Kalah dan Gagal ke Liga Champions atau Menang Bantu Arsenal Juara

iaminkuwait.com, JAKARTA – Suporter Tottenham Hotspur yang akan menyaksikan laga Liga Inggris melawan Manchester City pada Rabu (15/5/2024) WIB dihadapkan pada dilema. Spurs perlu menang untuk menjaga peluang lolos ke Liga Champions musim depan. Namun jika itu terjadi, Tottenham akan membantu rival sekotanya, Arsenal, menjadi juara.

Harapan mereka untuk finis keempat dan lolos ke Liga Champions tetap hidup setelah mengalahkan Burnley 2-1 akhir pekan lalu. Dengan dua laga tersisa, tim besutan Ange Postecoglou unggul lima poin atas Aston Villa yang bermain imbang 3-3 melawan Liverpool dini hari WIB, Selasa (14/5/2024).  

Spurs menghadapi Sheffield United yang terdegradasi pada hari terakhir, sementara Villa menjamu Crystal Palace di Selhurst Park.

Tottenham memainkan pertandingan di kandang melawan City malam ini. Spurs memiliki rekor bagus melawan tim asuhan Pep Guardiola, tidak kebobolan satu gol pun dalam empat musim terakhir di Liga Inggris. Jadi tuan rumah seharusnya punya lebih banyak alasan untuk percaya diri menghadapi pemain nomor dua.

Namun, segalanya tidak sesederhana itu. Jika Man City kehilangan poin malam ini, rival berat Tottenham di London utara, Arsenal, akan mendapat keuntungan dalam perburuan gelar.

Ini adalah dilema moral yang tampaknya memecah belah penggemar. Namun, situasi seperti ini bukan kali pertama terjadi. 

Spurs telah melalui situasi ini sebelumnya. Pada hari terakhir musim 1998-99 mereka bertandang ke Old Trafford untuk menghadapi Manchester United, yang unggul satu poin dari Arsenal. The Gunners membutuhkan dukungan rivalnya untuk punya peluang mempertahankan gelar.

Pada menit ke-24, Les Ferdinand menendang bagian luar sepatu kanannya melewati kiper MU Peter Schmeichel untuk memberi tim tamu – yang berada di papan tengah – secara mengejutkan unggul.

“Saya berpikir: ini bisa tercatat dalam sejarah sebagai langkah terburuk dalam karier saya,” kata Ferdinand kepada Athletic pada tahun 2020. “Itu tentu saja terlintas dalam pikiran saya. Saya ingat mencetak gol itu dan reaksinya cukup tenang. Hal itu menyurutkan selebrasi saya setelahnya. Saya sama sekali tidak gila.”

Ferdinand mengatakan musimnya di Tottenham benar-benar terganggu oleh cedera yang membuatnya harus keluar masuk tim. 

“Saya ingat mencetak gol itu dan berpikir untuk merangkum musim dan waktu saya di Tottenham sejauh ini, saya diberitahu bahwa saya bisa mencetak gol yang membuat Arsenal memenangkan gelar, mereka bernyanyi di Highbury (drum lama Arsenal).”

Ferdinand tidak mencatatkan sejarah ketika David Beckham menyamakan kedudukan sebelum turun minum dan Andy Cole membawa United unggul pada menit ke-47. Gol Nwankwo Kanu memberi Arsenal kemenangan 1-0 atas Aston Villa, namun gagal menduduki puncak klasemen.  

Tottenham finis di urutan ke-11, dengan para penggemar senang bahwa tim mereka gagal membantu Arsenal memenangkan gelar dan tempat mereka di Eropa diamankan setelah memenangkan Piala Liga.

Fans mungkin memiliki perasaan campur aduk mengenai hasil yang mereka inginkan, namun apakah pemikiran untuk sengaja kalah atau tampil buruk pernah terlintas di benak seorang pemain? Penggemar Arsenal pasti senang mendengarnya.

“Tidak ada satu pun pemain yang saya kenal yang memiliki mentalitas keluar dan kalah,” kata Ferdinand. “Anda ingin memenangkan setiap pertandingan, jadi tidak ada pembicaraan di ruang ganti sebelumnya: ‘Ah, Arsenal bisa memenangkan gelar jika kami menang hari ini’.”

Postecoglou memiliki mentalitas serupa saat timnya bersiap menghadapi City.

“Saya tidak suka memikirkan siapa pun akan berpikir bahwa kami akan pergi ke sana untuk mencoba bersaing melawan tim papan atas dan mungkin memenangkan pertandingan sepak bola yang penting,” katanya pada konferensi pers pra-pertandingan. “Bagaimana kami bisa menjadi tim yang memenangkan banyak hal jika kami menghindarinya di pertandingan besar?”

Menarik melihat reaksi para suporter Spurs yang datang langsung ke lapangan, apakah mereka mendukung timnya meraih kemenangan atau justru senang timnya kalah.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *