Anak Usaha Adaro Sediakan Program Lapangan Kerja untuk Warga Kalsel

iaminkuwait.com, JAKARTA — PT Saptaindra Sejati, anak usaha PT Adaro Energy Indonesia Tbk, menawarkan proyek untuk warga Kalimantan Selatan bekerja sama dengan dinas tenaga kerja setempat.

Program tersebut antara lain Program Persiapan Operator (OPP), Program Persiapan Mekanik (MPP) dan Program Persiapan Ban (TPP) yang meliputi Kabupaten Tabalong, Kabupaten Balangan, Dinas Tenaga Kerja Barito Timur dan Disnaker Barito Selatan.

Dalam keterangannya di Jakarta, Selasa (5/7/2024), SHE dan Kepala Bagian Ketenagakerjaan PT SIS Adaro R Agung Sarono menjelaskan, program tersebut merekrut lulusan SMA dan magang untuk bekerja di lapangan sebagai mekanik, operator, dan pekerja.

Antara tahun 2008 dan 2023, 3.290 siswa lokal lulus ujian dan mengikuti pelatihan. Sementara itu, 2.980 siswa berhasil bekerja di PT SIS.

“Proyek perekrutan mahasiswa lokal yang bekerja di Adaro merupakan salah satu proyek awal kami dalam pengembangan potensi yang ada di sekitar. Upaya perusahaan untuk mendukung program pemerintah yang bertujuan untuk meningkatkan manusia yang terampil dan berdaya guna (SDM) serta siap pakai.” untuk bekerja.- kata Agung.

Siswa yang berhasil dilatih untuk memiliki keterampilan yang sesuai dengan standar dan persyaratan pekerjaan Adaro.

Misalnya, banyak bagian dari Program Pelatihan Operator yang mencakup pelatihan di kelas, On Job Training 500 jam, dan operator yang menggunakan sistem PKWT (Perjanjian Waktu Kerja Pasti). Jika kinerjanya baik, ia diangkat menjadi pegawai tetap dengan peran sebagai pengguna.

Apalagi jika kinerjanya baik dan memenuhi kebutuhan perusahaan, maka yang berminat berpeluang bekerja sebagai pelatih atau pengawas lapangan.

Salah satu lulusan akuntansi SMKN 1 Tanjung Tabalong yang bergabung dengan OPP pada tahun 2008, Ryan Pamungkas mengungkapkan, ia memulai karirnya dari PT SIS. Ryan mengikuti magang untuk menjadi pekerja terampil dengan keterampilan yang dibutuhkan di industri pertambangan setelah 15 tahun bekerja.

Menurutnya, banyak keterampilan yang diperolehnya selama karirnya. Contohnya seperti pengoperasian alat berat yang efisien dan efektif, produktivitas dan keterampilan teknis, kemampuan berbicara di depan banyak orang dan masih banyak lagi yang lainnya. Dengan keterampilan ekstra tersebut, Anda bisa mendapatkan pekerjaan sebagai instruktur alat berat.

“Sekolah ini meluluskan siswanya setiap tahun, namun tidak sebanding dengan jumlah lapangan kerja yang ada, sehingga OPP PT SIS Adaro sangat membantu siswa Kalimantan untuk memiliki masa depan yang lebih baik dan membantu mengembangkan perekonomian keluarga,” kata Ryan.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *