BMKG: Mayoritas Wilayah di Indonesia Berpotensi Alami Hujan Lebat

iaminkuwait.com, JAKARTA — Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) menyatakan hujan lebat berpeluang terjadi di sebagian besar wilayah Indonesia pada hari ini (27 April 2024). Hujan lebat disertai badai petir dan angin kencang turun dengan kecepatan 50 mm per hari.

Berdasarkan laman resmi BMKG di Jakarta, teramati wilayah pertemuan dan perlambatan atau pertemuan kecepatan angin mulai dari Samudera Hindia bagian barat, Sumatera bagian barat, hingga Samudera Hindia bagian barat di Lampung, Sabtu pekan lalu. Dari Jambi hingga Sumatera Barat.

Termasuk dalam zona konvergensi Sumatera Selatan hingga Bekulu, Laut Jawa hingga Lampung, Kalimantan Tengah hingga Kalimantan Barat, Kalimantan Selatan, Papua Barat hingga Papua Barat Daya, serta Papua hingga Papua Tengah dan Papua Selatan.

Kondisi tersebut akan meningkatkan kemungkinan tumbuhnya awan hujan di sepanjang zona konvergensi yang dapat mengakibatkan hujan lebat di beberapa wilayah mulai dari Aceh, Riau, Benkulu, Jambi, Sumatera Utara, Sumatera Barat, Sumatera Selatan, dan Kepulauan Bangka Belitung.

Selain wilayah tersebut, hujan lebat juga berpotensi terdampak hujan lebat di wilayah Lampung, Banten, Jawa Barat, DKI Jakarta, Jawa Tengah, DI Yogyakarta, Jawa Timur, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Utara, dan Kalimantan Timur.

Hujan lebat juga dapat terjadi di Nusa Tenggara Barat, Nusa Tenggara Timur, Kalimantan Selatan, Sulawesi Utara, Garantala, Sulawesi Tengah, Sulawesi Barat, Sulawesi Selatan, Sulawesi Tenggara, Maluku Utara, Maluku, Papua Barat, dan Papua.

Sementara itu, BMKG menjelaskan kemungkinan terjadinya hujan dengan intensitas sedang disertai petir dan angin kencang bergantung pada Madden Julian Oscillation (MJO) yang terpantau aktif di Indonesia dan baru berhenti beroperasi pada akhir April 2024. . .

Aktifnya MJO dikaitkan dengan kemungkinan peningkatan awan hujan di beberapa wilayah Indonesia, termasuk wilayah NTB, kata prakiraan BMKG di Observatorium Iklim NTB Chakra Mahasuriya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *