Tujuh Manfaat Mendengarkan Musik Bagi Kesehatan Fisik dan Mental

iaminkuwait.com, JAKARTA – Saat sedang bosan atau lingkungan terlalu sepi, banyak orang yang suka mendengarkan musik sambil beraktivitas. Ternyata, kebiasaan ini bisa memberikan manfaat bagi kesehatan. Berikut tujuh manfaat mendengarkan musik bagi kesehatan fisik dan mental, dikutip dari laman Northshore, Sabtu (18/5/2024).

– Jantung sehat

Penelitian menunjukkan bahwa aliran darah meningkat ketika orang mendengarkan musik. Menikmati musik dapat menurunkan detak jantung, menurunkan tekanan darah, menurunkan kadar hormon stres) dan meningkatkan serotonin dan endorfin.

– Meningkatkan suasana hati

Musik dapat meningkatkan produksi hormon yang disebut dopamin di otak. Peningkatan produksi dopamin ini membantu mengurangi perasaan cemas dan depresi. Musik diproduksi langsung oleh amigdala, yaitu bagian otak yang berhubungan dengan emosi dan perasaan.

– Atasi rasa sakitmu

Dengan mengurangi tingkat stres dan memberikan rangsangan bersaing yang kuat terhadap sinyal nyeri yang masuk ke otak, terapi musik dapat membantu manajemen nyeri. Musik dapat mengurangi intensitas nyeri yang dialami, terutama pada perawatan geriatri, perawatan intensif atau pengobatan paliatif.

– Menghilangkan stres dan meredakan depresi

Terdapat hasil penelitian yang mengatakan bahwa mendengarkan musik dapat menghilangkan stres dengan mengurangi stres biokimia. Musik juga meringankan gejala depresi. Saat sedih, mendengarkan musik bisa membangkitkan semangat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *