Bungkam Dewa United di Game 1 Playoff IBL, Borneo Cetak Sejarah

iaminkuwait.com, JAKARTA — Burung Enggang Kalimantan menorehkan sejarah IBL dengan menjadi tim kedelapan yang memenangi game pertama babak pertama playoff IBL. Borneo mengalahkan peringkat satu musim reguler Dewa United Banten 90-76 di GOR Laga Tangkas di Bogor, Kamis (18/07/2024) malam.

Pada format best-of-three, Kalimantan membutuhkan satu kemenangan lagi untuk lolos ke babak kedua. Di sisi lain, Deva United perlu memenangkan pertandingan kedua untuk memastikan penentu.

Di babak pertama, Deva United melumat Banten dengan skor 45-45 dan memberikan kejutan kepada Kalimantan. Kuarter ketiga dimulai dengan keunggulan 11-0. Tim besutan Ismail kembali mempersulit Dewa United untuk mencetak poin. Selang beberapa waktu, Deva United akhirnya berhasil mengejar ketertinggalannya. Namun di penghujung kuarter ketiga, Borneo mampu mempertahankan keunggulan 65-59.

Borneo membuat gebrakan di awal kuarter keempat. Dalam waktu dua menit, mereka memulai laju 10-2 dan memimpin 75-61. Speedster Kalimantan Akeem Scott mencetak tujuh poin di awal kuarter keempat.

Terakhir, koreksi pidana dilakukan oleh Deva United. Masuknya Jordan Adams untuk menciptakan ruang pengambilan gambar yang sangat nyaman bagi Gelvis Solano. Taktik ini terbukti berhasil karena Solano mampu menembak dengan leluasa.

Namun Kalimantan di sisi lain juga melakukan hal yang sama. Meski dalam situasi sulit, tembakan mereka mengalir mulus sehingga membawa Borneo unggul 78-64 pada pertengahan kuarter keempat. Borneo berhasil membuat Dewa United tidak kebobolan hingga akhir pertandingan.

“Ini pertandingan besar bagi kami,” kata Akeem Scott. “Kami tahu bahwa kami berada di peringkat kedelapan. Tapi kami yakin kami bisa melakukan sesuatu. Meski lawan kita adalah tim dengan rating tertinggi.”

Michael Qualls memimpin Borneo dengan 21 poin, 11 assist, dan delapan rebound. Jamar Andre Johnson mencetak 18 poin dalam 25 menit di lapangan. Akeem Scott menyumbang 17 poin dari bangku cadangan, dan terakhir ada Steve Taylor Jr. Menambahkan 15 poin.

Jelvis Solano Paulino mencetak 30 poin pada tembakan 10-19 untuk Deva United. Taverio Miller menambah 14 poin, sementara Jordan Adams terjebak dalam ketatnya pertahanan Kalimantan dan hanya mencetak 4 poin dari 11 percobaan. Lester Prosper mencetak double-double dengan 10 poin dan 14 rebound.

Game 2 dipindahkan ke Deva United Arena pada Sabtu (20/07/2024). Namun, seperti yang diungkapkan AK Scott dalam wawancara pascalaga, Borneo siap dengan segala kemungkinan. Termasuk apakah seri tersebut akan ditentukan oleh game ketiga. 

Pada laga lainnya, unggulan kedua Pelita Jaya Basketball meraih kemenangan nyaman 96-66 atas Bali United Basketball di GOR Merpati Bali. Pelita Jaya akan menjamu Stadion Indoor Tangerang pada Sabtu.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *