Lawan Penipuan ‘Celeb Bait’, Meta Uji Coba Pengenalan Wajah

iaminkuwait.com, JAKARTA – Perusahaan induk Facebook, Meta, mengumumkan sedang menguji teknologi pengenalan wajah sebagai bagian dari upaya memerangi penipuan iklan. Hal ini terjadi tiga tahun setelah Meta menutup layanan pengenalan wajah Facebook karena masalah privasi.

Meta melibatkan sekitar 50.000 orang dalam gugatan ini, yang secara otomatis membandingkan gambar profil mereka dengan yang digunakan dalam iklan yang diduga palsu. Jika gambarnya cocok dan Meta menganggap iklan tersebut palsu, Meta akan memblokirnya.

Monika Bickert, wakil presiden kebijakan konten Meta, mengatakan gugatan tersebut dilatarbelakangi oleh keinginan untuk melindungi tokoh masyarakat dan pengguna dari penipuan “populer”. Bickert mengatakan, perusahaannya menyasar tokoh masyarakat yang wajahnya sering digunakan dalam iklan palsu.

“Para pihak akan diberitahu tentang partisipasi mereka dalam gugatan ini dan dapat memilih untuk tidak berpartisipasi jika mereka tidak ingin berpartisipasi,” kata Bickert, Rabu (23/10/2024), menurut Reuters.

Meta berencana untuk memulai pengujian di seluruh dunia mulai bulan Desember, dengan pengecualian di beberapa yurisdiksi utama yang tidak memiliki persetujuan peraturan, seperti Inggris, Uni Eropa, Korea Selatan, dan negara bagian Texas dan Illinois di AS. Bickert mengatakan langkah tersebut menunjukkan upaya Meta untuk mengatasi kekhawatiran regulator tentang meningkatnya penipuan atas penggunaan potensi teknologi. Di sisi lain, untuk mengurangi keluhan data pengguna yang menghantui perusahaan media sosial selama bertahun-tahun.

Pada tahun 2021, ketika Meta menonaktifkan sistem pengenalan wajahnya dan menghapus data pemindaian wajah satu miliar pengguna, hal ini mencerminkan meningkatnya kekhawatiran publik. Pada bulan Agustus tahun ini, perusahaan tersebut diperintahkan untuk membayar $1,4 miliar untuk menyelesaikan gugatan perdata terhadap Texas yang dituduh menentang pengumpulan data biometrik.

Pada saat yang sama, Meta telah digugat karena gagal menghentikan penipuan “Umpan Selebriti”, yang sering kali menggunakan gambar orang-orang terkenal yang dihasilkan oleh kecerdasan buatan (AI) untuk mengelabui pengguna agar menyumbangkan uang untuk skema investasi Dalam pengujian baru ini, perusahaan mengatakan akan segera menghapus data wajah yang dihasilkan dari perbandingan dengan iklan mencurigakan, baik aplikasi mendeteksi penipuan atau tidak.

“Alat yang diuji secara komersial melalui proses peninjauan privasi dan risiko internal yang ketat dan didiskusikan dengan regulator, regulator, dan pakar privasi eksternal sebelum uji coba dimulai,” kata Bickert. Meta juga mengatakan pihaknya berencana menguji penggunaan data pengenalan wajah untuk memungkinkan pengguna Facebook dan Instagram yang tidak teridentifikasi dapat masuk kembali ke akun yang telah diretas atau diblokir karena lupa kata sandi.

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *