Film Dokumenter Burning Sun Hebohkan Dunia K-Pop, Apa Isinya?

REPUBLIK.CO.ID. Seoul – BBC Eye, tim investigasi pemenang penghargaan BBC World Service, merilis film dokumenter Burning Sun. Film ini bercerita tentang dua jurnalis Korea yang berani mengungkap skandal seks besar yang melibatkan bintang K-pop ternama.

Film yang mendapatkan pujian kritis ini menggambarkan harga yang harus dibayar jurnalis untuk mengungkap kebenaran. BBC mengumumkan pada Senin (20/5/2024) bahwa proyek tersebut merupakan tindak lanjut dari serial radio Intrigue: Burning Sun yang sebelumnya disiarkan oleh BBC Eye. Serial ini berbincang dengan para pemain kunci yang berjuang untuk menyelesaikan kejahatan ini dan mendokumentasikan dampaknya.

Hari ini, film dokumenter TV Burning Sun – Mengungkap Rahasia Grup Obrolan K-pop menampilkan kisah langsung jurnalis Park Hyo-sil dan Kang Kyung-yoon yang berbasis di Seoul, yang menderita kerugian pribadi yang besar karena mengungkap pelecehan seksual yang mengerikan terhadap K. .-bintang. pop yang terlihat sehat di mata publik.

Pada tahun 2016 di bulan September, Park Hyo-sil menuduh bintang K-pop Jung Joon-young diam-diam merekam video seks pacarnya. Tuduhan ini dilontarkan oleh pacarnya Jung Joon-young sendiri, yang kemudian mencabut tuduhannya. Hal ini menyebabkan publik menentang jurnalis Park, memandang Jung sebagai korban dan menyalahkan media.

“Saya menanggung beban terberatnya,” kata Park.

Dia mulai menerima komentar kasar secara online, email. surat dan panggilan telepon yang mengganggu, termasuk gambar cabul. Tekanan ini mengakibatkan dua kali keguguran dan kesulitan memiliki anak.

Pada tahun 2019, Jung menghadapi dakwaan baru. Seorang informan anonim membocorkan data dari ponsel Jung, yang pada tahun 2016 diserahkan kepada perusahaan forensik. Data tersebut jatuh ke tangan Kang Kyung-yoon dari SBS, yang melanjutkan penyelidikan oleh reporter Park Hyo-sil.

Pesan obrolan KakaoTalk Jung pada tahun 2015 dan 2016 mengungkapkan video eksplisit seksual dan foto wanita tidak sadarkan diri yang melibatkan Jung dan beberapa bintang K-pop lainnya, termasuk Choi Jong-hoon Island dari FT. Wawancara mengungkapkan adanya pemerkosaan berkelompok dan indikasi bahwa kelompok ini merasa dilindungi oleh polisi.

Film dokumenter BBC Eye mendokumentasikan bagaimana selebritas yang tadinya tampak kebal mulai terjerumus berkat upaya berani Kang untuk mendokumentasikan dan mengungkap perilaku mereka. Penangkapan tersebut mendorong korban lainnya untuk melapor. Keberanian para korban ini menyebabkan tuntutan hukum besar-besaran terhadap mantan superstar tersebut, yang pernah digambarkan sebagai orang yang sehat dan sehat.

Meskipun keadilan ditegakkan, Kang, seperti Park, menjadi sasaran trolling yang intens. “Trolling ini dimulai saat saya mempublikasikan cerita ini dan terus berlanjut sampai ke kasus-kasus pengadilan,” kata Kang.

Namun, dia berharap pengungkapan ini akan menjadi peringatan tentang betapa korupnya seks dan kekuasaan di industri K-pop. “Kami melempar kerikil ke dalam kolam yang besar. Kolam itu kembali tenang, namun saya berharap kerikil tersebut tetap ada dalam ingatan masyarakat sehingga jika hal seperti ini terjadi lagi, kita bisa menghentikannya lebih awal,” kata Kang.

Burning Sun dari BBC World Service tersedia untuk ditonton di Inggris melalui BBC iPlayer dan secara internasional di saluran YouTube BBC World Service. Film dokumenter ini juga tersedia dalam bahasa Korea di saluran YouTube BBC News Korean. Pada bulan Juni 2024, film tersebut akan ditayangkan sebagai serial di saluran televisi BBC News.

Podcast Intriga: Burning Sun yang terdiri dari enam bagian, yang merupakan adaptasi audio dari cerita tersebut, disiarkan di BBC Radio 4 musim panas lalu dan tersedia di BBC Sounds di Inggris, serta di platform podcast internasional. Investigasi Mata BBC Produser dan Sutradara Burning Sun Kai Lawrence, Produser Eksekutif Monica Garnsey, Mustafa Khalili dan Kavita Puri serta Editor Marc Perkins.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *