BUMN Indonesia Semakin Mendunia 

REPUBLIKA.CO.  Berbagai langkah perubahan telah dilakukan Kementerian BUMN, termasuk mendorong perusahaan BUMN melakukan ekspansi ke luar negeri melalui program BUMN Go Global. 

Tidak efektifnya kinerja perusahaan pelat merah akibat banyaknya program yang dicanangkan Kementerian Perindustrian Umum juga mendapat pengakuan internasional. Sebagian besar perusahaan publik tercatat sebagai perusahaan paling menguntungkan menurut Fortune Southeast Asia 500 tahun 2024. 

Ada lima BUMN yang masuk 30 besar Fortune Southeast Asia 500 tahun 2024. Kelima BUMN tersebut adalah Pertamina di peringkat ketiga, PLN di peringkat keenam, BRI di peringkat 15, Bank Mandiri di peringkat 22, dan Telkom Indonesia di peringkat 28. 

Beberapa BUMN lain yang masuk daftar Fortune Southeast Asia 500 adalah ID MIND ID di peringkat 43, PT Bank Negara Indonesia (Persero) Tbk atau BNI di peringkat 62, Pupuk Indonesia di peringkat 71, Garuda Indonesia di peringkat 125, dan SIG di peringkat 143.

Perusahaan masuk dalam daftar 500 perusahaan terbesar di Asia Tenggara yang dinilai berdasarkan pendapatan tahun anggaran 2023, Kementerian BUMN mengatakan pengakuan media dunia ini menunjukkan transformasi BUMN meneruskan program tersebut secara total. , ada 20 BUMN yang berhasil masuk Fortune Southeast Asia 500 pada tahun 2024.

Fortune memilih 500 perusahaan Asia Tenggara dengan pendapatan tertinggi pada tahun 2023. Ini menjadi bukti bahwa BUMN adalah mesin perekonomian negara dan berdampak pada pembangunan Indonesia. Keberhasilan ini diyakini akan menambah semangat dan tenaga seluruh pegawai BUMN untuk terus bekerja keras demi negara dan masyarakat.

Toto Pranoto, Wakil Direktur BUMN Research Group, Institut Manajemen, Departemen Ilmu Ekonomi FEB UI, mengatakan masuknya banyak BUMN dalam daftar Fortune menunjukkan bahwa BUMN mempunyai kemampuan bersaing di dunia. . Kepada Republica, Selasa (1/10/2024), Toto mengatakan, “Dan bertambahnya jumlah BUMN yang masuk dalam daftar Fortune 500 menunjukkan bahwa kategori BUMN kita semakin berkembang.”

Toto menjelaskan, Fortune 500 biasanya menilai kinerja suatu perusahaan dari segi pendapatan, kapitalisasi pasar, nilai aset, dan penjualan. Toto berharap semakin banyak BUMN yang bermunculan. Menurut dia, dengan menjadi perusahaan publik, BUMN bisa meningkatkan kinerjanya dan masuk dalam daftar Fortune 500 pemerintah dunia. 

“Sekarang dengan transparansi seperti BUMN Tbk, informasi dapat dengan mudah ditemukan dan membantu pemeringkatan dunia untuk melakukan analisis,” ujarnya. 

Strategi lain yang perlu dilakukan adalah meningkatkan penetrasi BUMN di pasar internasional agar masuk dalam daftar global, kata Toto. 

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *