Ulasan Film Hijack 1971: Narasi ‘Dalam’, Ajak Penonton Berpikir Kritis

iaminkuwait.com, Jakarta – Korea Selatan (Korsel) meluncurkan film terbaru yang diangkat dari kisah nyata. Disutradarai oleh Kim Sung-han, “Hijacked” akan tayang di bioskop Indonesia pada Rabu (17 Juli 2024) setelah tayang di Korea Selatan pada 21 Juni 2024.

Penulis skenario Kim Kyung-chan telah mengubah imajinasinya menjadi mahakarya sinematik yang dibintangi oleh Ha Jung-woo, Kyu-sik, Yeo Jin-goo, Sung Dong-il, Chae Soo-bin, Kim dan aktor terkenal Korea lainnya. Dong Wook, Kim Jung Soo vs. Kim Sun Young. “Hijacked 1971” merupakan adaptasi dari kisah nyata pembajakan pesawat Korean Air F27 pada tahun 1971.

Film berdurasi 100 menit ini mengambil lokasi di Bandara Sokcho. Pada musim dingin tahun 1971, pilot Tae-in (Ha Jung-woo) dan Gyu-sik (Sung Dong-il) bersiap untuk terbang ke Gimpo.

Awalnya, operasional penerbangan berjalan aman dan lancar, termasuk instruksi pramugari kepada penumpang yang merupakan mikrokosmos masyarakat Korea saat itu. Namun, tak lama setelah lepas landas, sebuah bom rakitan meledak sehingga menimbulkan kepanikan di dalam pesawat.

Penyebab ledakan adalah warga sipil bernama Yong Dae (Yeo Jin-goo). Ia menjadi pembajak karena motifnya yang terencana dalam perlombaan mendapatkan dana untuk bepergian ke Korea Utara.

Kapten Kyu-sik dibutakan oleh ledakan tersebut, dan Yong-dae mengambil kendali kokpit. Penampilan Jin Jiu sangat mengganggu penonton hingga ia terus mengancam pilot untuk mengubah arah.

“Mulai saat ini pesawat ini akan terbang ke Korea Utara,” ancamnya kepada para penumpang.

Kabin menjadi semakin kacau, dan Tae-in menjadi satu-satunya harapan saat ia menghadapi situasi hidup atau mati. Mereka mulai mati-matian berusaha mendaratkan pesawat dengan selamat.

Salah satu hal yang menarik dari “Hijacked 1971” adalah cara film tersebut menggambarkan kehidupan dan latar belakang psikologis para pembajak. Meski tindakan mereka tercela, film ini memungkinkan kita memahami motivasi mereka, melukiskan gambaran yang lebih kompleks dari sekadar pertentangan antara kebaikan dan kejahatan.

Hal ini juga menambah kedalaman narasi, mendorong penonton untuk berpikir kritis terhadap karakter dan pilihannya, dalam hal ini bajak laut. Secara keseluruhan, Hijacked 1971 adalah film sejarah Korea terbaik yang pernah dibuat.

Ha Jung-woo berperan sebagai Tae-in, yang terinspirasi oleh pilot kehidupan nyata Park Wan-kyu. Film ini merupakan karya terakhir Ha Jung-woo setelah membintangi “Road to Boston” (2023).

Pria berusia 46 tahun yang juga dikenal sebagai aktor ini pernah berperan dalam sederet film hits seperti Unforgiven (2005), Gangsters: Rules of Time (2012), The Handmaiden (2016) Year), “With Dewa: Dua Dunia ” (2018), “Bersama Para Dewa: Empat Puluh Sembilan Hari Terakhir” (2018).

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *