CEO Al Hilal Kritik Koeman yang tak Mau Rekrut Pemain Belanda yang Main di Liga Pro Saudi

iaminkuwait.com, JAKARTA – Pelatih asal Belanda Ronald Koeman dinilai meremehkan kualitas Saudi Pro League. Hal tersebut diungkapkan CEO Al Hilal Esteve Calzada pada Kamis (17/10/2024). Pelatih timnas Belanda menolak memanggil pemain sayap Steven Bergwijn ke skuad Oranje karena kepindahannya ke Arab Saudi.

Bergwijn, 27, bergabung dengan Al Ittihad dari Ajax Amsterdam bulan lalu dan ditegur secara terbuka oleh Koeman, yang mengatakan seleksi internasional kini ditutup untuk pemain tersebut.

Mantan direktur Manchester City Calzada mengatakan Koeman telah meremehkan Liga Premier Saudi, yang telah menghabiskan banyak uang selama dua tahun terakhir, dengan dukungan Dana Investasi Publik negara tersebut, untuk menarik talenta sepak bola top dari seluruh Eropa.

“Sebagai seseorang yang tinggal di negara ini, mencintai negara ini dan menghargai kualitas produk yang kami hasilkan, saya tidak menyukai pernyataan itu,” kata Calzada dalam konferensi pers di The Summit, pertemuan tertinggi para direktur olahraga di London. dikutip pada hari Kamis oleh Reuters.

Ia menilai Komen tidak adil dan sikapnya tidak pantas. Sebab, kata Calzada, jika melihat pemain yang datang ke Arab Saudi, sebagian besar masih bermain untuk timnasnya.

“Contohnya (Aymeric) Laporte (menjadi) juara Eropa bersama Spanyol setelah tiba di Arab Saudi. Sebagian besar pemain masih dipanggil tim nasional, dalam kasus kami Ruben Neves (Portugal), bahkan Cristiano (Ronaldo) (Al Nassr), Bono ((Maroko) kiper kami – mereka semua masih dipanggil,” kata Calzada. .

Menurutnya, sikap Koeman tersebut mungkin karena kurangnya pengetahuan mengenai nilai dan kualitas Saudi Pro League. Calzada mengatakan jika orang menonton pertandingan Saudi Pro League atau melihat fasilitasnya, semuanya sudah sesuai standar Eropa.

“Saya merasa sangat kasihan kepada para pemain Belanda karena ini jelas merupakan pengecualian,” tegasnya.

Pemain Spanyol itu juga menyatakan harapannya agar Neymar segera kembali beraksi setelah absen hampir setahun karena cedera ligamen anterior di kualifikasi Piala Dunia 2026 Brasil. Neymar diakuisisi seharga 90 juta euro atau sekira 1,52 triliun rupiah.

“Satu-satunya hal yang bisa saya katakan adalah saya melihatnya berlatih rutin bersama rekan satu timnya dan kini, setelah jeda internasional, serangkaian pertandingan telah dimainkan,” kata Calzada.

“Sayangnya kalau harus bermain, dia tidak bisa bermain (di) liga karena tidak terdaftar, tapi dia pasti bisa bermain di Liga Champions (Asia).

Al Hilal, yang dipimpin oleh pemain Portugal Jorge Jesus, memuncaki Grup B Liga Champions Elite Asia dengan enam poin dari dua pertandingan dan akan menghadapi Al Ain di kompetisi tersebut awal pekan depan.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *