Ini yang Terjadi pada Tubuh Anda Jika Mengurangi Konsumsi Gula

iaminkuwait.com, JAKARTA — Tahukah Anda jika terlalu banyak mengonsumsi gula bisa berdampak buruk bagi kesehatan? Kabar baiknya adalah dengan membatasi asupan gula kurang dari 10 persen kalori harian, Anda dapat memperoleh berbagai manfaat kesehatan.

Berikut ini yang akan terjadi jika Anda membatasi asupan gula:

1. Mengurangi asupan gula dapat mengurangi asupan kalori

Fortune Merekomendasikan Konsultan kebugaran dan nutrisi kesehatan Chris Mohr mengatakan camilan dan minuman manis seringkali tinggi kalori, sehingga mudah untuk makan berlebihan. “Dengan mengurangi konsumsi gula tambahan, Anda bisa menurunkan berat badan karena mengurangi jumlah kalori secara umum,” ujarnya di laman Best Life, Rabu (18/9/2024).

Dengan mengganti makanan manis dengan makanan yang lebih bergizi, Anda juga akan mengonsumsi lebih banyak vitamin dan mineral penting, sekaligus mengonsumsi lebih banyak zat berbahaya yang terdapat dalam makanan olahan.

2. Dapat mengurangi lonjakan insulin 

Insulin adalah hormon yang diproduksi oleh pankreas yang memberi tahu sel Anda bahwa glukosa tersedia. Namun, lonjakan insulin yang berulang dapat meningkatkan resistensi insulin, yang dapat menyebabkan kadar gula darah tinggi, peningkatan risiko diabetes, dan penambahan berat badan.

“Tingkat insulin yang konstan akibat asupan gula yang terus-menerus, terutama jika Anda tidak berolahraga untuk membantu asupan gula dan insulin tersebut, dapat menjadi pemicu kenaikan berat badan,” kata Mohr.

3. Dapat menurunkan nafsu makan dan keinginan makan

Mengurangi asupan gula dapat membantu Anda mengatur nafsu makan dan mengurangi nafsu makan. “Makan banyak gula dapat mengganggu sinyal kapasitas tubuh karena pilihan makanan yang tinggi gula seringkali rendah protein dan/atau serat,” ujarnya.

Semua ini bisa menyebabkan rasa lapar dan makan berlebihan, katanya.

4. Rasa bisa dikembalikan

Ahli diet dan asisten profesor nutrisi di Case Western Reserve University, Lindsay Malone, mengatakan salah satu manfaat mengurangi gula adalah membuat indera perasa lebih sensitif sehingga lebih mudah menikmati gula. kehendak bebas. makan terlalu banyak

“Jika Anda selalu minum dan makan makanan yang lebih manis dari yang seharusnya, selera Anda akan terbiasa dengan tingkat manis tersebut. Satu hal yang saya katakan kepada pasien saya adalah jika Anda tidak menyukai sepotong makanan, sesuatu harus didasarkan pada seleramu,’ katanya pada Best Life.

Mitra proyek E-Health Catherine Gervacio, seorang ahli diet dan ahli gizi terdaftar mengatakan hal ini dapat berdampak besar pada berat badan dan kesehatan Anda secara keseluruhan. “Seiring waktu, tubuh Anda beradaptasi dengan kebiasaan tidak mengonsumsi gula dan mulai lebih mudah menoleransi rasa lain,” jelasnya.

Dia mengatakan hal ini mengurangi kemungkinan mengidam makanan manis dan memberikan lebih banyak ruang untuk makanan sehat. Oleh karena itu, ada lebih banyak peluang untuk mengembangkan kebiasaan makan sehat yang bermanfaat bagi kesehatan Anda secara keseluruhan, katanya.

5. Mengurangi asupan gula dapat meningkatkan kesehatan usus

Ketika sistem pencernaan Anda bekerja dengan baik, sistem pencernaan Anda akan merespons makanan dengan lebih baik dan membantu Anda menjaga berat badan yang sehat. Faktanya, penelitian menunjukkan bahwa obesitas dikaitkan dengan mikrobiota usus yang kurang beragam, dan bakteri tertentu sering dikaitkan dengan penambahan berat badan.

Mengonsumsi terlalu banyak gula diketahui membahayakan kesehatan usus karena mengurangi bakteri baik dan menyebabkan disbiosis, atau ketidakseimbangan bakteri usus. “Gula juga merusak lapisan usus, mempengaruhi kemampuan menyerap nutrisi dengan baik,” katanya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *