Study Tour Diperketat Imbas Kecelakaan Bus di Ciater Subang, Apa Kata Pelajar SMA?

iaminkuwait.com, JAKARTA — Kecelakaan bus yang terjadi di SMK Lingga Kencana, Depok di Ciater Subang, Jawa Barat, menjadi perhatian banyak pihak, khususnya dunia pendidikan. Beberapa kantor pendidikan negara telah memperketat izin perjalanan gunung setelah kecelakaan tragis tersebut.

Menurut Anda, apa pendapat siswa SMA di Jakarta tentang bahaya dan sulitnya study tour? Siswa kelas 11 SMA Negeri 6 Jakarta, Karnadya Indah mengatakan, karyawisata sangat penting bagi siswa sekolah. Menurutnya, study tour memberikan efek positif bagi mahasiswa. 

Faktanya, Anda bisa belajar hal baru dalam suasana baru, agar otak tetap segar karena sekaligus bergerak, ujarnya kepada iaminkuwait.com, Selasa (14/5/2024).

Kecelakaan tragis yang menewaskan 11 orang membuatnya khawatir. Saat ini tidak ada rencana untuk karyawisata sekolah. Namun, menurut Dya, jika ada study trip ke luar kota, hal itu tidak membuatnya grogi. Yang terpenting, segala sesuatu yang berkaitan dengan perjalanan edukasi harus direncanakan dengan baik. 

“Panitia harus terhubung dengan baik, dan harus lebih memperhatikan transportasi,” ujarnya. 

Hal serupa juga diungkapkan oleh Muhammad Hanif Sukasrana. Menurutnya, perencanaan study tour harus dilakukan sebaik mungkin. Jika persiapan study tour dilakukan dengan baik dan matang, maka tidak akan membuat Anda takut untuk berpartisipasi. 

Panitia study tour dan panitia harus jelas mau ke mana, anggarannya, persiapannya harus jelas, jangan panik,” kata Hanif.

Ia mengatakan, kisah kecelakaan bus Trans Putera Fajar yang ditumpangi siswa Sekolah Pelayanan Lingga Kencana Depok menjadi pembelajaran bagi panitia perjalanan pendidikan agar tidak membuat rencana yang “sembarangan”. “Ini pelajaran, hati-hati dengan panitia yang tidak bisa diandalkan,” kata siswa kelas 11 SMA Negeri 6 Jakarta itu.

Ketika ditanya, apakah menurut mereka study tour itu penting? Hanif menjawab mana yang penting dan mana yang tidak. Artinya, jika tidak, tidak masalah. “Tapi kalau begitu, kesadaranmu akan meningkat, akan ada keterhubungan dengan teman sekelasmu, sehingga akan ada keterhubungan, seperti peristiwa, cerita, kenangan, kedekatan, dengan teman sekelasmu,” kata Hanif.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *