Hujan Masih Sering Mengguyur, Jaga Ketahanan Tubuh dengan Terapkan Pola Makan Sehat

Radar Sumut, JAKARTA – Hujan diperkirakan masih akan terus turun di sebagian wilayah Indonesia dalam beberapa hari mendatang. Bagaimana cara menjaga tubuh tetap fit saat musim hujan?

“Saat musim hujan, suhu udara juga akan menjadi dingin, curah hujan akan berkurang. Kita perlu menjaga ketahanan untuk mencegah penyakit,” kata Luciana B. Sutanto, ahli gizi klinis.

Mengonsumsi makanan sehat dengan nutrisi lengkap dapat menjaga kestabilan tubuh. Luciana yang merupakan doktor nutrisi dari Universitas Indonesia ini merekomendasikan pola makan yang terdiri dari tiga kali makan utama sehari dan dua hingga tiga kali snack sehari.

Pola makan yang lengkap dan bervariasi terdiri dari makanan pokok sumber karbohidrat, lauk pauk yang kaya protein, sayur mayur dan buah-buahan.

“Jika kita mengonsumsi makanan yang lengkap dan bervariasi, kita bisa mendapatkan semua nutrisi yang kita butuhkan,” kata Dr. Luciana.

Sebagai suplemen nutrisi, Louisiana merekomendasikan konsumsi vitamin dosis rendah untuk memenuhi kebutuhan nutrisi harian. Dia menjelaskan, dokter meresepkan dosis vitamin hanya jika terjadi kekurangan, yang akan dikonfirmasi melalui tes laboratorium.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *