Mengapa Terbang Melawan Rotasi Bumi tidak Mempercepat Penerbangan?

iaminkuwait.com, JAKARTA – Sebagian orang agak bingung kenapa Bumi berputar begitu cepat saat terbang. Dalam hal ini, ada yang berpendapat bahwa hal ini disebabkan karena dunia tidak berputar 

“Pesawat itu melaju dari timur ke barat dengan kecepatan 300 mm. Bumi berputar dari barat ke timur dengan kecepatan 1.400 mm. Bagaimana mungkin pesawat tidak mencapai tujuannya dengan kecepatan 1.400? pendek,” lapor seseorang di IFL Science Sabtu (4/5/2024). Jawaban: Bumi tidak berputar.

Agar adil bagi kelompok bumi datar yang menulis ini, ini adalah postingan yang memuat banyak hal yang salah dalam fisika. Apa yang sebenarnya terjadi adalah Anda bergerak bersama Bumi karena adanya gaya semu, atau kecenderungan benda untuk bergerak lurus dengan kecepatan konstan jika tidak ada gaya yang bekerja padanya. Inilah sebabnya jika Anda melompat langsung ke langit, langsung dari tanah, atau masuk ke dalam mobil tanpa jendela, Anda akan mendarat tepat di tempat Anda memulai. 

Gerakan ke arah tertentu memerlukan gaya ke arah tersebut (misalnya melompat, atau lontaran massa). Pesawat terbang tidak memiliki keajaiban untuk membebaskannya dari gravitasi, jadi ketika terbang dari planet yang berputar, Anda harus mengeluarkan energi untuk mengangkutnya ke (misalnya) Hawaii.

Kesalahan lain dalam postingan tersebut adalah atmosfer kita stabil sementara bumi berputar di bawahnya Itu tidak terjadi 

Saat Bumi berputar, ia menarik sebagian besar alam kita melalui gesekan Jika cuaca tidak mendukung planet kita, Anda dapat memanfaatkan kecepatan angin kencang untuk mengurangi waktu penerbangan. Tapi kapan saja dalam hidup Anda, Anda bisa memikirkan masalah angin kencang seperti “penerbangan jauh”. 

Faktanya, terbang ke barat (melawan rotasi bumi) membutuhkan waktu lebih sedikit dibandingkan terbang ke timur 

Alasan mengapa jet cepat terbang mudah terbang ke arah timur adalah aliran jet 

Sederhananya, ini adalah aliran udara yang sempit dan mengalir deras di atmosfer yang ditemukan di dataran tinggi, kata Simple Flying. 

Itu tidak perlu….

 

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *