Kementan Pastikan Hewan Ternak untuk Idul Adha Aman

iaminkuwait.com, TANGERANG – Kementerian Pertanian (Kementan) memastikan pasokan hewan kurban yang mencapai 2,06 juta ekor antara lain sapi, kerbau, kambing, dan domba di seluruh Indonesia untuk Idul Adha 2024 aman dan mencukupi.

“Insya Allah aman. Dirjen lapor ke saya, jadi saya yakin aman, jumlahnya juga cukup untuk (Idul Adha),” kata Menteri Pertanian Andy Amran Sulaiman saat berkunjung ke Tangerang, Kamis (6/6/2024). ).

Secara nasional, kebutuhan hewan kurban sebanyak 1,97 juta ekor, sedangkan ketersediaannya sebanyak 2,06 juta ekor, menurut Direktorat Jenderal Pemuliaan dan Kesehatan Hewan (Ditjen PKH). Sehingga pasokan hewan kurban tahun ini berpotensi surplus hingga 88.000 ekor.

Meski demikian, diketahui jumlah hewan kurban yang tersedia untuk memenuhi kebutuhan masyarakat nasional sangat mencukupi bahkan berlebihan.

“Jadi persiapkan pengorbanan yang aman, $1 juta saja sudah cukup, tapi yang terpenting kita akan mengembangkan model hewan yang lebih baik di masa depan,” ujarnya.

Kementerian Pertanian sendiri mengidentifikasi perlunya donasi bagi seluruh wilayah Indonesia, mulai dari defisit hingga surplus ternak.

Selain itu, pemerintah dalam hal ini siap melakukan intervensi jika terjadi kekurangan kebutuhan kurban di daerah tertentu, dengan memobilisasi produksi dari daerah surplus ke daerah defisit.

Ia menambahkan, pihaknya juga akan fokus pada kesehatan hewan, mengambil beberapa langkah penting untuk menjamin kelancaran pelaksanaan kurban tahun ini.

“Kami pastikan surat kesehatan hewan yang diangkut lengkap, kami periksa ear tag untuk memastikan hewan terdaftar, dan kami kirimkan tenaga kesehatan hewan ke kabupaten/kota untuk melakukan pemeriksaan rutin di tempat penampungan hewan,” ujarnya. .

Dalam kasus ini, Amran meninjau peternakan milik PT Lembu Setia Abadi Jaya (LSAJ) Farm Tangerang. Perusahaan Peternakan ini memiliki lahan seluas 22,5 hektar yang diisi kandang sapi, pabrik pakan majemuk mini kapasitas 40 ton per hari, rencana meliputi pabrik pupuk, rumah potong hewan, pabrik bakso, sosis, nugget, pabrik daging. tanaman, dll. komposisi dingin

Gedung kandang hewan PT LSAJ berkapasitas hingga 3.000 ekor dan rencananya akan diperluas hingga 10.000 ekor.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *