Kebiasaan Sederhana pada Pagi Hari yang Bisa Memperpanjang Usia, Kata Para Ahli

iaminkuwait.com, JAKARTA – Cara kita mengawali pagi hari tidak hanya mempengaruhi sisa hari, tapi juga dapat mengubah hidup kita, terutama dalam hal kesehatan dan umur panjang. Menurut sebuah penelitian, menerapkan beberapa kebiasaan baik dapat memperpanjang umur Anda hingga 24 tahun.

“Ada jangka waktu 20 tahun di mana Anda dapat melakukan perubahan ini secara bertahap atau sekaligus,” kata Xuan-Mai Nguyen, peneliti ilmu kesehatan di Program Sejuta Veteran Sistem Kesehatan VA Boston. Kehidupan pada Selasa (8/10/2024).

“Tipe (diabetes 2); Orang dengan serangan kolesterol tinggi, Kami melihat apakah mengecualikan orang dengan kanker tipe 2 akan mengubah hasil. Ternyata tidak. Jadi, jika Anda baru memulai dengan penyakit kronis, tetap bermanfaat untuk melakukan perubahan,” tambahnya.

Berapapun usia Anda, tidak ada kata terlambat untuk melakukan perubahan yang akan memberikan manfaat jangka panjang. Menurut para ahli, kebiasaan pagi yang sederhana bisa memperpanjang umur.

1. Tidur.

Pentingnya tidur bagi kesehatan tidak bisa dianggap remeh. Penelitian menunjukkan bahwa pria yang kurang tidur hidup lima tahun lebih lama dibandingkan mereka yang tidak cukup tidur.

“Tidur bersifat memulihkan,” kata ahli jantung Virend Somers, MD, PhD, kepada Mayo Clinic Press.

Selama tidur, otak dan tubuh melakukan banyak tugas penting yang penting untuk kesehatan secara keseluruhan. Orang yang kurang tidur terbukti menderita tekanan darah tinggi. “Itulah dampak buruk dari kurang tidur. Bahkan ketika orang yang kurang tidur mendapatkan tidur malam yang nyenyak, tekanan darah mereka masih lebih tinggi,” kata Dr. Somers.

2. Olahraga

Olahraga adalah salah satu perilaku terpenting untuk kesehatan dan umur panjang, dan bahkan olahraga dalam jumlah kecil pun memiliki manfaat. Berolahraga di pagi hari lebih baik karena harus memulainya dari awal.

“Berolahraga di pagi hari mengurangi risiko komplikasi,” kata Jasmin Theard, ACSM HFS, kepada Piedmont Health. Saat Anda bangun dan berolahraga, Anda mengembangkan pola pikir yang sehat dan lebih memperhatikan apa yang Anda makan sepanjang hari.

3. Makan sarapan yang sehat. 

Makanan sangat penting untuk umur panjang. Mengonsumsi sarapan kaya protein dapat meningkatkan rasa kenyang dan mencegah Anda membuat pilihan makanan yang tidak sehat sepanjang hari.

“Mengonsumsi makanan kaya protein penting untuk kesehatan otot,” kata Allegra Picano, RDN, kepada Henry Ford Health. Semakin banyak massa otot semakin cepat metabolisme Anda; Akan lebih mudah untuk menjaga berat badan yang sehat.

4. Jangan merokok

Merokok sebatang rokok sehari adalah salah satu hal terburuk yang dapat Anda lakukan untuk kesehatan Anda. “Merokok menyebabkan kematian dini. Harapan hidup perokok setidaknya 10 tahun lebih pendek dibandingkan non-perokok. Berhenti merokok sebelum usia 40 tahun mengurangi risiko kematian akibat penyakit terkait tembakau sekitar 90 persen,” kata United. Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Negara Bagian (CDC).

5. Dapatkan sinar matahari dan udara segar.

Keluar rumah di pagi hari memiliki manfaat kesehatan yang luar biasa. “Sinar matahari di luar ruangan dan/atau siang hari jelas mempengaruhi kesehatan sistem pengaturan waktu sirkadian karena intensitas dan komposisi spektral cahaya yang mencapai mata,” kata Moore-Ede.

Keluar rumah di pagi hari mencegah gangguan sirkadian dan mengurangi risiko berbagai penyakit, yang dikatakan dapat memperpanjang umur. “Jadi, harus menjadi bagian dari rutinitas harian setiap orang tanpa harus keluar rumah, berjemur, atau mengekspos area kulit yang luas. Selain itu, sebelum matahari terbit di pagi hari, sebelum matahari terbit, dorongan sirkadian menjadi lebih kuat dan juga akan mengurangi risiko kanker kulit,” ujarnya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *