Pertamina Jaga Stok Avtur Bandara Bali Hadapi Lonjakan Kunjungan Turis

Radar Sumut, DENPASAR — PT Pertamina Patra Niaga menegaskan ketersediaan avtur di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali untuk mengatasi peningkatan kunjungan wisatawan mancanegara dan domestik.

“Saat ini jumlah bahan bakar untuk penerbangan di Bali mencapai 10.000 kilometer yang bila terkumpul dapat memenuhi kebutuhan hingga 5,5 hari,” kata Regional Manager Komunikasi, Relasi, dan CSR Pertamina Patra Niaga Jawa Timur, Bali, dan Nusa. Tengara. Ahad Rahedi dari Denpasar, Kal.

Pihaknya mencatat, pasokan rutin akan dilakukan melalui Depo Pengisian Bandara Ngurah Rai (DPPU) di Kabupaten Badung, Bali. DPPU Ngurah Rai merupakan tulang punggung pasokan Avatur di Bali dan memiliki kapasitas tangki penuh 24.300 kiloliter.

Saat ini, konsumsi bahan bakar avtur harian di Bandara Internasional I Gusti Ngurah Rai mencapai sekitar 2007 kiloliter, lebih tinggi dibandingkan rata-rata pasokan bahan bakar yang mencapai 2003 kiloliter pada libur Idul Fitri 2024 pada pekan lalu.

Sementara itu, menjelang liburan sekolah pada Juni-Juli 2024, mereka berencana melihat peningkatan signifikan kedatangan wisatawan asing dan domestik ke Bali. Pertamina memperkirakan konsumsi bahan bakar jet Bali akan mencapai puncaknya pada Juni sebesar 14,12 persen atau 2.158 kiloliter per hari dibandingkan konsumsi normal harian.

Melihat asumsi tersebut, pihaknya berupaya menjaga stok solar, gasoil, dan bahan bakar jenis lain termasuk Pertamax dan Pertalite. Kebutuhan BBM di Bali ditopang oleh Terminal BBM Terpadu Mangis di Kabupaten Karangasem dan Terminal BBM Sangaran di Denpasar yang merupakan terminal utama penunjang stok Indonesia Timur serta DPPU Ngurah Rai dan peringatan gas 204.

Saat ini Bali rata-rata mengonsumsi 1.941 kiloliter bensin per hari dan 664 kiloliter bensin per hari. “Menjelang liburan sekolah, kami memperkirakan terjadi peningkatan konsumsi bahan bakar, bensin, dan bensin sebesar lima persen di wilayah Bali,” ujarnya.

Berdasarkan data Badan Pusat Statistik (BPS) Provinsi Bali, jumlah wisatawan mancanegara yang berkunjung ke Bali mencapai 887.000 orang pada Januari-Februari 2024, naik 33 persen menjadi 655.000 orang dari periode yang sama tahun 2023. Sedangkan pada tahun 2023, jumlah wisatawan mancanegara ke Bali meningkat 5,27 juta orang atau 144,61 persen dibandingkan tahun 2022 yang mencapai 2,1 juta orang.

Pada periode perjalanan Lebaran 2024, Bandara Ngurah Rai Bali melayani 1.059.069 penumpang, meningkat enam persen dibandingkan tahun 2023 yang mencapai 999.990 penumpang.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *