Selama Mudik, Bandara AP II Sediakan 2.000 Penerbangan Tambahan 

Radar Sumut, JAKARTA – VP Corporate Communication Angkasa Pura II Sin Asmoro mengatakan total jumlah pesawat AP II akan disediakan sebanyak 2.425 pesawat baru pada Lewaran Transport 2024.

Jumlah yang diperoleh untuk penerbangan tersebut lebih tinggi 34 persen dibandingkan perjalanan Lebaran 2023, kata Sin Asmoro dalam keterangan tertulis, Sabtu (20/4/2024).

Idul Fitri 2024 Pos pengatur lalu lintas ditutup di seluruh bandara yang dioperasikan oleh PT Angkasa Pura (AP) II pada 19 April 2024.

Sin Asmoro mengatakan, perjalanan baru ini dilakukan untuk memastikan dapat memenuhi permintaan para pemudik. Okupansi maskapai sangat tinggi, rata-rata mencapai 80 persen per penerbangan, ujarnya.

Namun terkait ketepatan waktu pengerjaan, Sin Asmoro memastikan pesawat AP II mampu memenuhi kebutuhan waktu dalam berbagai tugas. Beberapa di antaranya seperti saat pemeriksaan rutin di pos pemeriksaan keamanan lalu di area pengambilan bagasi dll.

Tanda-tanda keberhasilan tepat waktu terlihat dari terjaganya waktu pengoperasian (OTP) pesawat di bandara AP II rata-rata sekitar 77-80 persen, jelas Sin Asamoro.

Terkait penerapan kapasitas, seluruh penerbangan AP II memastikan adanya keteraturan waktu keberangkatan dan waktu kedatangan di bandara. Meski maskapai memperpanjang jam operasionalnya.

Terdapat tiga bandara AP II yang beroperasi 24 jam sehari, yakni Bandara Soekarno-Hatta (Tangerang), Bandara Halim Perdanakusuma (Jakarta), dan Bandara Kuala Lumpur (Deli Serdang). Saat ini, 17 bandara lainnya siaga 24 jam jika diperlukan penerbangan sewaktu-waktu.

Ia menambahkan, maskapai AP II telah mampu meningkatkan tingkat layanan untuk perjalanan Lebaran pada tahun ini. Hal ini dilakukan melalui berbagai program aktivasi dan layanan staf di bandara.

Kemudahan perjalanan Lebaran di Bandara AP II tidak lepas dari dukungan Kementerian BUMN dan Kementerian Perhubungan, serta masyarakat luas, kata Sean Asmoro.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *