Dosen Ilmu Komunikasi Berikan Kuliah di Universiti Utara Malaysia

Radar Sumut, JAKARTA – Dua dosen Ilmu Komunikasi Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Muhammadiyah Jakarta (FISIP UMJ) memberikan kuliah di Universiti Utara Malaysia (UUM) pada Minggu (21/4/2024).

Keduanya adalah Dr. Tria Patrianti, MIKom, dari konsentrasi Humas, dan Dr. Oktaviana Purnamasari, MSi, dari konsentrasi Periklanan. Program tersebut merupakan kunjungan fakultas yang merupakan kerjasama FISIP UMJ dengan dua universitas.

Staf pengajar yang berpartisipasi adalah mahasiswa Ilmu Komunikasi dan Ilmu Komunikasi serta pekerja sosial. Selama satu jam, mereka mendapat informasi berupa ide penelitian, praktik, makalah penelitian, dan hasil penelitian dalam konteks Indonesia.

Tria Patrianti yang fokus pada penelitian komunikasi lingkungan memberikan kuliah umum tentang “Komunikasi Perubahan Iklim dan Hubungan Masyarakat untuk Aksi Keberlanjutan.”

Tria menjelaskan hasil penelitian komunikasi lingkungan yaitu Pekayon Jaya Safety Village yang berlokasi di Bekasi, Jawa Barat. Masyarakat Desa Iklim Pekayon Jaya berkolaborasi untuk berkomunikasi, mendidik dan meningkatkan kesadaran tentang mitigasi dan adaptasi.

Weather Village merupakan media penyebaran pesan perubahan iklim dan perubahan di Indonesia. Hasil penelitian ini juga digunakan dalam pengabdian masyarakat bersama mahasiswa FISIP dan Fakultas Teknik UMJ.

Kepada mahasiswa yang hadir dalam pertemuan tersebut, Tria menjelaskan bahwa penelitian dan pengabdian kepada masyarakat menunjukkan bahwa metode PR sangat diperlukan dalam menciptakan pesan dukungan dan mendorong kesadaran masyarakat terhadap tindakan pengurangan dan perubahan iklim.

Sedangkan Oktaviana Purnamasari memperkenalkan “Copywriting for Corporate Branding”. Okta menyebut copywriting sebagai perusahaan paling kuat. Sebab, copywriting adalah seni menciptakan kata-kata yang menginspirasi orang untuk bertindak.

Ia mempublikasikan hasil penelitiannya tentang penerimaan labelisasi makanan cepat saji internasional di Indonesia pada masa pandemi. Hasil penelitian yang ditulis bersama para mahasiswa tersebut dipublikasikan di Jurnal Nasional.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *