Lima Tahapan Gerhana Matahari Total 8 April 2024

Radar Sumut, JAKARTA – Pada Senin (8/4/2024), gerhana matahari total tahun 2024 akan terlihat di langit Amerika Utara. Meskipun seluruh Amerika Utara dan Amerika Tengah akan mengalami setidaknya satu kali gerhana matahari, jalur sepanjang kurang lebih 115 mil (185 km) tersebut akan melewati 15 negara bagian Amerika Serikat (AS). Meksiko dan Kanada juga akan menyaksikan totalitas saat bulan menutupi seluruh piringan matahari.

Senin (8/4/2024) Apa saja lima fase gerhana matahari total 2024?

Langkah Satu: Kontak pertama

Space News, Senin (8/4/2024), Pada fase pertama gerhana matahari total, sebagian pengamat akan dapat melihat pita gelap panjang dan bergerak cepat yang disebut “payung”, atau umbra, di sisi gerhana matahari total. rumah. atau tanah. Manik-manik Bailey, yang disebabkan oleh aliran cahaya dari lembah di permukaan bulan, juga dapat dilihat di tepi bulan selama fase awal ini. Peristiwa ini terulang pada gerhana sebagian kedua yang terjadi setelah gerhana total.

Pada tanggal 8 April, fase bulan parsial pertama kali muncul di dekat Pu’ale, Hawaii, pada pukul 06:27. waktu setempat (12:27 EDT).

Langkah Kedua: Kontak Kedua

Pertemuan pertama akan berlangsung selama 70 hingga 80 menit, dan berakhirnya akan ditandai dengan titik terang, atau “cincin samar”, yang muncul di tepi bulan. Ini mengacu pada komunikasi tingkat kedua dan mewakili generalisasi masa depan. Pada Senin (4/4/2024), Mazatlan, Sinaloa, Meksiko akan menyaksikan gerhana matahari total pada pukul 09:51 waktu setempat (12:51 EDT, 16:51 GMT).

Langkah Tiga: Umum

Fase ketiga dan tengah dari gerhana matahari total adalah total. Saat ini, Bulan menutupi seluruh piringan Matahari.

Di seluruh atmosfer terluar Matahari, mahkota dapat dianggap sebagai pita putih di tepi Bulan. Daerah ini biasanya bermandikan cahaya terang dari sinar matahari.

Atmosfer bagian dalam Matahari, yaitu kromosfer, dapat dilihat sebagai aurora tipis yang mengelilingi Bulan. Warga juga bisa melihat bintang dan planet di langit gelap yang tidak terlihat dari AS pada siang hari.

Pada Senin (8/4/2024), lokasi pertama yang mengalami totalitas adalah Mazatlán, Sinaloa, Meksiko pada pukul 11.07. waktu setempat (14:07 EDT, 18:07 GMT). Lokasi pertama di Amerika Serikat yang mengalami totalitas adalah pada pukul 13:27 waktu setempat (dekat Florentino Ramos Colonia, Texas, AS).

Periode bulan purnama adalah…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *